Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kertas Origami

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kertas Origami

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kertas origami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus melalui empat tahap, yakni (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan secara berkesinambungan setelah menggunakan media kertas origami, yakni dari 79% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kertas origami dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
 
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Kertas Origami.

ABSTRACT
The purpose of this study is to improve student learning outcomes by using origami paper media. The type of research used is classroom action research (PTK) conducted for two cycles, each cycle through four stages, namely (1) planning, (2) implementation (acting), (3) observing (observing), and ( 4) reflection (reflecting). Data collection using test techniques with learning sheet test instrument. The result of the research shows that the students' learning result is classically improved continuously after using origami paper media, ie from 79% in cycle I to 91% in cycle II. Thus it can be concluded that paper origami media can improve student learning outcomes.
Keywords: Learning Outcomes, Origami Paper Media

Origami. src: pixabay.com
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, diperoleh temuan jika media kertas origami dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara berkesinambungan, yakni dari 79% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media kertas origami dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

SARAN
Maka dari itu, disarankan kepada pihak sekolah untuk mendorong gurugurunya agar mempunyai  kemauan untuk mengembangkan diri, salah satunya dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas. Sekolah yang para gurunya sering melakukan praktik perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas, secara tidak langsung sekolah tersebut berupaya untuk berkembang dengan cara meningkatkan kualitas dan layanan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan hasil belajar siswanya.

Selain itu, guru juga harus kreatif dalam memanfaatkan segala potensi benda yang ada di lingkungan sekitarnya sebagai media untuk proses kegiatan pembelajaran, salah satunya dengan media kertas origami. Karena media kertas origami ini sudah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan bahan rujukan bagi guru-guru yang ingin melakukan penelitian sejenis dengan melakukan berbagai penyesuaian sesuai situasi dan kondisi.

DATAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fauziah, Ifa. 2012. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Media Tali Tambang Bagi Siswa Kelas IV SDN Geluran 1 Taman Sidoarjo”. Skripsi tidak dipublikasikan Surabaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Kusuma, Ramon Parfiago Feri. 2015. “Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan”. http://ejournal.unesa.ac.id Volume 02 Nomor 03 Tahun 2015.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Cipayung: Gaung Persada Press.
Musta’idah, Amroh. 2012. “Penggunaan Media Flipchart untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Semester 2 SDN Tenaru Driyorejo Gresik”. Skripsi tidak dipublikasikan Surabaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Sadiman, Arif S dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.


Fajar Setiawan
Universitas Muhammadiyah Surabaya
email: fajarumsurabaya@gmail.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kertas Origami"

Post a Comment