Tujuan Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Madrasah Ibtidaiyah. IPA merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam semesta, fenomena alam, dan mekanisme yang terjadi di dalamnya. Dapat pula dikatakan bahwa IPA sangat erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Apa yang kita alami, kita lakukan, dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari IPA.

Mulai dari listrik, angin, air, tumbuhan, kehidupan, makanan, alat transportasi dan lain sebagainya selalu tidak dapat lepas dari IPA. Namun banyak siwa yang keliru memahami bahwa IPA merupakan ilmu yang sulit, banyak rumus dan membuat pusing kepala, bahkan hal ini digambarkan oleh guru-guru dalam menyampaikan pelajarannya.

IPA berhubungan dengan bagaimana cara mencari tahu secara sitematis, dan tidak hanya mengusai fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip maupun teori-teori yang telah ditemukan oleh para ahli, namun harus memberikan pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi dalam mengarungi kehidupan yang ada di sekitar kita, sehingga siswa dapat memahami alam sekitar dengan lebih mendalam.

Melalui IPA diharapkan siswa mempunyai karya dari hasil implementasi konsep IPA untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitar kita sehingga dengan IPA akan memberikan manfaatnya. Pembelajaran IPA akan lebih bermakna bila dilakukan dengan penemuan dalam mengembangkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap ilmiah, dan mampu  engkomunikasikan hasil berfikir sebagai kecakapan hidup untuk menggunakan dan mengembangkan dari hasil proses ilmiah.

Tujuan mata pelajaran IPA di MI adalah: (1) Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya; (2) Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari;(3). Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat; (4) Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan; (5) Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam; (6) Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan; (7) Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

Sedangkan ruang lingkup bahan kajian IPA SD adalah: (1). Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan;(2). Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas;(3). Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana;(4). Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah"

Post a Comment