Kedudukan Materi Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Kedudukan Materi Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. -- Menurut Cunningsworth (1995: 4) rancangan materi ajar (buku) teridiri atas buku siswa, buku guru dan buku kerja (LKS). Buku siswa adalah buku pelajaran yang terpenting dalam PBM, mengingat buku tersebut, disamping digunakan oleh siswa, juga digunakan oleh guru yaitu dalam kaitannya dengan manajemen kelas ketika proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Buku guru digunakan oleh guru sebagai pedoman pelaksanaan KBM, terutama berkenaan dengan metodologi pengajaran. Buku kerja (LKS) digunakan oleh siswa untuk mengerjakan tugas-tugas atau latihan dalam pelaksanaan KBM.

Buku siswa memiliki kedudukan terpenting dalam konteks materi ajar. Buku siswa sering disebut dengan buku pelajaran. Kedudukan buku pelajaran bahasa Inggris memiliki fungsi yang penting dan strategis dalam KBM.

Menurut Cunningsworth dalam Sumardi dan Richard, fungsi-fungsi tersebut ialah sebagai:

  1. Sumber bahan yang disajikan untuk pelatihan bahasa lisan dan tulis 
  2. Sumber kegiatan siswa dalam latihan berkomunikasi 
  3. Sumber acuan siswa untuk belajar tata bahasa, kosa kata, lafal dan sebagainya. 
  4. Sumber gagasan dan dorongan kegiatan-kegiatan belajar mengajar di kelas. 
  5. Perwujudan silabus yang di dalamnya tujuan–tujuan pembelajaran telah digariskan. 
  6. Sumber belajar dan tugas mandiri. 
  7. Bantuan bagi guru yang kurang pengalaman untuk mengembangkan kepercayaan diri.
Mengingat pentingnya fungsi materi (buku) ajar dalam PBM, Cunningsworh lebih jauh mengatakan bahwa tidak ada sesuatu yang mampu mempengaruhi bahan dan suasana belajar mengajar lebih dari buku pelajaran.


Walaupun ketujuh fungsi itu mengakomodasi kepentingan siswa dan guru, nyatanya kepentingan siswa lebih banyak terwadahi. Hal ini sejalan dengan perkembangan baru dalam dunia pendidikan, dimana kegiatan dan perhatian semuanya terpusat pada siswa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kedudukan Materi Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris"

Post a Comment