Mengambil Pelajaran dari Pohon Pisang yang Memiliki Nilai Filosofis



Mengambil Pelajaran dari Pohon Pisang yang Memiliki Nilai Filosofis. -- Pohon pisang adalah pohon yang bisa dengan mudah tumbuh di sekitar rumah kita. Buah pisang dari Pohon pisang ini menjadi salah satu buah yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain itu kita juga bisa membuat olahan makanan dari pisang, kita bisa membuat sale pisang atau juga bisa membuat gorengan berupa pisang goreng.

Pohon pisang tidak butuh tempat yang khusus untuk bisa tumbuh dan berbuah, pohon pisang bisa tumbuh dimanapun tempat. Mulai dari tempat yagn dingin, tempat hambar, tempat gersang pohon bisa tumbuh dan berbuah. Sebagai manusia kita bisa meniru pohon pisang ini untuk tetap bisa hidup dan tumbuh tidak menyerah dimanapun kita berada dan bagaimanapun keadaan kita. Jika pohon pisang saja bisa tumbuh di tempat mana saja, bisa beradaptasi, lalu mengapa kita sebagai manusia kadang menyerah ketika sedang mengalami kesulitan?

Kita juga bisa mengambil pelajaran hidup lainnya dari pohon pisang yakni, Pohon pisang hanya akan mati ketika sudah berbuah. Memang pohon pisang ini merupakan pohon yang sangat unik, karena pohon pisang hanya bisa berbuah sekali saja lalu mati. Maknanya kita harus meniru pohon pisang ini yang tidak akan mati dulu sebelum bisa berbuah.

Setidaknya dalam hidup kita harus memberi manfaat, membuat karya dan juga menghasilkan sesuatu walaupun pada akhirnya bukan kita sendiri yang menikmati jerih payah kita tersebut. Sama seperti pohon pisang, ia bisa tumbuh dimanapun, di lingkungan seperti apapun kemudian berbuah lalu buah tersebut bisa dinikmati oleh mahluk hidup lainnya.

Hal yang jarang diketahui oleh Manusia adalah pohon pisang ini bisa tumbuh menghancurkan beton sekalipun. Oleh karena itu jika ada yang sedang membuat bangunan entah itu rumah atau gedung, harus menebangi semua pohon termasuk pohon pisang.

Karena pohon pisang yang dibiarkan hidup di bawah pondasi atau bangunan tersebut lama kelamaan akan bisa menghancurkan beton bangunan tersebut. Jika pohon pisang yang memiliki tekstur lunak saja bisa menghancurkan beton yang padat, kenapa kita sebagai manusia tidak bisa menghancurkan segala sesuatu yang menghalangi kita?

Pelajaran yang bisa kita ambil dari pohon pisang ini intinya adalah tidak boleh mudah menyerah, harus selalu berjuang untuk berguna kepada orang lain.

By : Anton Wahyu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengambil Pelajaran dari Pohon Pisang yang Memiliki Nilai Filosofis"

Post a Comment