Pengertian Agama Islam Sebagai Jalan Hidup Manusia (Way of Life )

Pengertian Agama Islam Sebagai Jalan Hidup Manusia ( Way of Life ) -- Pengertian “ISLAM” secara menyeluruh yaitu ketundukan seorang hamba kepad Ilahi yang di turunkan kepada seorang hamba kepada wahyu Ilahi yang di turunkan kepada para nabi dan rosul khususnya Muhammad SAW guna dijadikan pedoman hidup dan juga sebagai hokum/aturan Allah SWT yang dapat membimbing umat manusia kejalan yang lurus menuju jalan ke bahagiaan dunia akhirat. Islam merupakan agama yang diturunkan untuk manusia satu-satunya agama yang cocok dengan fitrah manusia, islam juga merupakan agama yang lengkap, tidak hanya mengutamakan satu aspek ataupun ngebaikkan aspek lainnya.


Islam mempunyai tujuan yaitu mengindarkan kerusakan dan bahaya dan zaman sekarang atau pun yang akan datang. Sehingga akan mencapai kebahagiaan yang hakiki dimanapun berada, membentuk pribadi, membentuk masyarakat yang ideal, membentuk morl dan kerohanian.

Fungsi islam sebagai pembimbing dalam hidup yang membentuk suatu kepribadian yang harmonis agar segala unsur pokok kehidupan dapat menentramkan jiwa dan mampu menghadapi masalah dengan tenang, menolong dalam kesukaran yaitu orang yang beragama dapat menghadapimasalah dengan optimis dan percaya diri bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umatnya, penentraman batin yaitu orang yang beriman tidak akan merasa gelisah karena dia tahu semua hal yang dia miliki merupakan titipan Allah, pengendali moral diajarkan untuk menghormati orang lain tanpa pamrih selain itu pelajaran moral lainnya dari segi berpakaian bertutur.

Dalam ruang lingkup ajaran islam sebagai penyempurna risalah-risalah agama terdahulu,. Islam memiliki syari’ah yang sangat istimewah, yakni bersifat konprehensif dan universal. Komprhensif berarti syari’ah Islam merangkum seluruh aspek kehidupan, baik ritual (ibadah) maupun sosial (muamalah), sedangkan universal berarti syari’ah Islam dapat di terapkan dalam setiap waaktu dan tempat sampai Yaum Al-Hisab nanti . firman Allah : “Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. (Q.S. Al-Anbiya: 107)


Dalam pada itu, Al-Qur’an tidak memuat berbagai aturan yang terperinci tentang syari’ah yang dalam sistematika hukum Islam terbagi menjadi dua bidang, yakni ibadah (ritual) dan muamalah (sosial). Hal ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an hanya mengandung prinsip-prinsip umum bagi berbagai masalah hukum dalam Islam, terutama sekali yang berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan muamalah.

ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE
NAMA : NUSAIBATUL WIRDA
NIM : 20161114057

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Agama Islam Sebagai Jalan Hidup Manusia (Way of Life )"

Post a Comment