Cara Membuat Materi Ajar Pembelajaran Bahasa yang Baik

Kriteria Materi Ajar yang Baik. -- Menurut Purwo (1990:89), materi ajar yang baik untuk pembelajaran bahasa memuat tentang topik-topik yang dapat memancing dan mendorong siswa
untuk mengutarakan buah pikirannya dalam bahasa, dan sekaligus menajamkan daya pemahamannya secara lisan. Dengan demikian, siswa akan terlibat secara langsung pada kegiatan nyata itu, dan tanpa disadari mereka sebenarnya belajar berbahasa.

Lebih rinci, Tarigan (1991:232-24) mengatakan bahwa materi ajar yang berkualitas memiliki karakteristik:
  • Sudut pandang
Materi ajar harus memiliki landasan, prinsip, dan sudut pandang tertentu yang menjiwai atau melandasi buku teks secara keseluruhan. Sudut pandang ini dapat berupa teori dari ilmu jiwa, bahasa, dan sebagainya.
  • Kejelasan konsep
Konsep yang digunakan dalam materi ajar harus jelas dan tandas.Keremang-remangan, keabstrakan, dan verbalisme harus dihindari sehingga buku mudah dipelajari.
  • Relevan dengan kurikulum
Materi ajar yang baik harus ditulis berdasarkan kurikulum yang sedang berlaku di sekolah.
  • Menarik minat
Matari ajar ditulis untuk siswa. Oleh karena itu, penulisannya harus memperhitungkan minat dan karakteristik siswa. Makin sesuai dengan keberadaan siswa, makin tinggi daya tarik materi ajar tersebut.
  • Menumbuhkan motivasi
Materi ajar yang baik adalah materi yang dapat membuat siswa ingin terus mengetahui isinya, mau dan senang mengerjakan yang diinstruksikan dalam materi ajar.
  • Menstimulasi aktivitas siswa
Materi ajar yang berkualitas dapat merangsang dan menggiatkan aktivitas siswa. Dalam hal ini, siswa yang berkedudukan sebagai subjek pembelajaran bukan sebagai objek pembelajaran dapat terstimulasi untuk melakukan aktivitas belajar dan lebih mandiri.
  • Ilustratif
Ilustrasi yang sesuai dengan isi, tujuan, bahan, materi ajar membuat materi ajar lebih menarik dan dapat memperjelas hal-hal yang dibicarakan.
  • Mudah dimengerti
Materi ajar harus mudah dipelajari sehingga pembelajaran bahasa lebih cepat mengerti dan memahami. Faktor yang sangat berperan dalam proses pemahaman ini adalah bahasa. Bahasa dalam materi ajar hendaknya: (a) sesuai dengan bahasa siswa (: kemampuan bahasa siswa), (b) menggunakan kalimat efektif, (c) terhindar dari ambiguitas (makna ganda), (d) tidak rumit (sederhana), (e) beradab, (f) tidak mengandung unsur-unsur yang menyinggung SARA (suku, agama, dan ras), dan (g) menarik.
  • Menunjang mata pelajaran lain
Diharapkan keberadaan materi ajar dapat saling menunjang dan saling terkait. Dengan demikian, siswa dapat belajar secara komprehensif, terpadu, saling mengkaitkan disiplin ilmu. Selain itu, ilmu tidak terkotak-kotak, tetapi pemilihannya jelas. Siswa dapat berpikir lebih komprehensif, analitis, dan
berkesinambungan.
  • Menghargai perbedaan individu
Materi ajar yang beragam memiliki perbedaan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini semua harus dihargai. Tidak normatif apabila pemakai materi ajar (siswa) yang satu mencela materi ajar lainnya.
  • Memantapkan nilai - nilai
Materi ajar yang baik berusaha untuk memantapkan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Materi Ajar Pembelajaran Bahasa yang Baik"

Post a Comment