Kena PHK akibat Pandemi Covid-19, Jangan Terpuruk, Ini Cara Tetap Bertahan

Kena PHK akibat Pandemi Covid-19, Jangan Terpuruk, Ini Cara Tetap Bertahan. -- Memasuki bulan kedua terjangkitnya ratusan warga negara Indonesia oleh virus Covid – 19, pemerintah akhirnya menetapkan beberapa wilayah untuk melakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Pembatasan ini tak hanya mempengaruhi runag gerak masyarakat namun juga mempengaruhi laju perekonomian di Indonesia.

Berkurangnya daya beli masyarakat, ditutupnya berbagai usaha seperti usaha kuliner, travel dan juga hiburan menimbulkan pemutusan hubungan kerja (PHK)  berskala besar. Para pengusaha tak mampu lagi membayar gaji karyawan dikarenakan berkurangnya pendapatan serta larangan operasional di berbagai sektor industri.

Baca Juga : 

Tak hanya disebut sebagai bencana kesehatan, wabah yang sedang menjangkit dunia ini juga bisa disebut sebagai bencana ekonomi. Tak hanya dialami oleh masyarakat menengah hal ini pun dialami juga oleh para pengusaha. PHK dan kehilangan pendapatan dapat menimbulkan banyak masalah sosial seperti stres, depresi bahkan kejahatan. Karena itu meski sedang mengalami situasi yang sulit ada baiknya tetap bertahan hingga keadaan menjadi lebih baik.

1. Jangan Panik

Setiap orang yang bekerja pasti memiliki tanggung jawab ekonomi yang berbeda – beda. Ada yang menjadi tulang punggung keluarga atau memiliki kewajiban ekonomi yang harus diselesaikan. Saat mengalami jobless sangat wajar jika kita sedih, kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa. Pada saat ini pastikan untuk tenang dan menerima kenyataan terlebih dahulu. Sampaikan kepada keluarga terdekat mengenai apa yang sedang alami saat ini, kelola stress anda dan jangan larut dalam kesedihan. Tetap optimis dan berpikiran positif sehingga mampu berpikir langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

2. Kelola Hutang

Jika anda memiliki kewajiban atau hutang, cobalah mencari jalan keluar untuk menunda pembayaran. Datangilah leasing, atau bank tempat anda memiliki kewajiban. Mintalah keringanan atau penundaan pembayaran hutang dikarenakan keadaan anda yang sedang kesulitan. Toh, saat ini pemerintah memberikan fasilitas penundaan pembayaran hutang dikarenakan adannya wabah Covid – 19.

3. Jual Asset atau pergunakan Dana Cadangan

Jika anda memiliki asset, ada baiknya untuk menjual asset tersebut atau mengambil dana cadangan sebagai pegangan untuk hidup. Meskipun anda sedang kesulitan keuangan pastikan anda tetap menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit apalagi terkena virus berbahaya. Karena jika anda berada dalam keadaan yang sehat maka anda bisa segera bangkit untuk mendapatkan pekerjaan yang baru lagi.

4. Membuka Link Baru

Keadaan perekonomian saat ini memang kemungkinan kecil ada perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bertanya kepada kolega dan kerabat anda. Jangan ragu untuk keluar dari Zona Nyaman, manfaatkan peluang yang ada agar tetap berpenghasilan. Jika anda memiliki modal bisa juga dengan berjualan online dari rumah, cari peluang lewat ukm dan cobalah untuk memasarkan produk yang menarik. Meski banyak saingan jangan putus asa, karena berusaha lebih baik daripada berdiam diri.

5. Mempelajari Hal Baru

Jika peluang kerja belum ada, ada baiknya jika anda menambah skill anda. Jika anda hobi memasak, ada baikknya mencoba menu baru dan bisa dijual untuk menambah penghasilan. Atau jika anda gemar menulis atau membuat desain produk, anda dapat meningkatkan skill anda. Tawarkan secara Cuma – Cuma jasa anda sebagai tambahan portofolio, setelah cukup mahir jadikan skill anda sebagai ladang untuk memperoleh penghasilan.

Kehidupan manusia memang layaknya roda yang berputar, kadang berada diatas terkadang juga dibawah. Jika saat ini anda berada dibawah, jangan pernah berhenti berusaha agar kembali bangkit dan berada diatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kena PHK akibat Pandemi Covid-19, Jangan Terpuruk, Ini Cara Tetap Bertahan"

Post a Comment