Cara Mengatur Uang Yang Bikin Akhir Bulanmu Tetap Santai

Teknik mengatur Uang Yang Bikin Akhir Bulanmu Tetap. -- Santai Seperti di Pantai Hayo, coba tebak ! Benda apa yang penting tapi susah diatur ? Hmmm...apalagi kalau bukan uang. Ya, uang merupakan suatu elemen penting dalam kehidupan manusia, dengan uang manusia bisa memenuhi segala macam kebutuhan serta memuaskan segala keinginan manusia. 
Tak heran mengapa manusia mengupayakan segala usaha untuk mendapatkan uang demi menjaga kelangsungan hidupnya. Namun, saat uang sudah di tangan, tantangan yang sebenarnya baru terjadi. Yaitu , bagaimana mengelola uang tersebut agar dapat digunakan tepat sasaran sampai di akhir bulan.
Karena permasalahan yang kerap terjadi pada generasi milenial adalah uang habis sebelum waktunya,
Saat uang habis sebelum waktunnya, generasi milenial cenderung mengambil langkah instan seperti berhutang, menjual investasi atau berbelanja dengan mengunakan sistem pay later. Dan inilah yang menyebakan neraca keuangan kita di bulan berikutnya menjadi tidak seimbang. Uang penghasilan yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi terpaksa untuk membayar hutang dan tagihan di bulan lalu. Hmmm...memusingkan bukan ?

Nah, sebelum nasi menjadi bubur dan keuangan menjadi kacau balau ada baiknya mempelajari beberapa teknik mengatur uang berikut ini. Selain praktis, teknik mengatur keuangan ini juga melatih kita untuk disiplin, berpikiran kedepan serta  lebih menghargai uang.

1.    Kakeibo
Diperkenalkan oleh seorang jurnalis wanita Jepang, Teknik Kakeibo merupakan teknik mengatur keuangan dengan sederhana. Namun, sebelum masuk ke tekniknya, pemilik uang tentu harus mengerti berapa uang pasti yang akan ia terima setiap bulannya, disiplin serta mampu untuk berkomitmen. Jika sudah mantap, berikut tahapan lengkapnya.
  • Membuat Catatan lengkap. Hal yang perlu dicatat adalah jumlah pendapatan dan pengeluaran. Pastikan menulis secara rinci mulai dari biaya sewa, biaya listrik, biaya transportasi, biaya konsumsi dan lain – lain. Setelah menetapkan berapa pengeluaran untuk satu bulan kedepan maka dapat terlihat berapakah uang yang masih tersisa.
  • Menyisihkan untuk Tabungan. Setelah terlihat berapa uang yang tersisa makan pemilik uang dapat menentukan seberapa besar uang yang akan disisihkan untuk ditabung atau investasi. Namun, jangan dimasukan semua untuk tabungan atau investasi, karena ada baikknya disisikna sebagai uang tak terduga.
  • Masukan ke dalam amplop/map. Setelah semua pengaturan sudah sesuai, siapkan beberapa amplop, pada bagian cover tulislah macam pengeluaran dengan jelas. Masukan satu persatu sesuai dengan anggaran yang sudah dirancang. Hal ini akan memudahkan uang terpisah dan terkontrol dengan baik.
  • Mencatat Pengeluaran Harian dan Evaluasi. Untuk setiap transaksi yang berjalan, sebaiknya membuat catatan secara rinci, Hal ini berguna untuk mengontrol jumlah uang yang dihabiskan setiap harinnya. Karena dilakukan setiap hari, cara ini terbilang cukup ampuh untuk menge ’rem’ pengeluaran yang tidak sesuai dengan porsinnya. Kemudia setelah akhir bulan dapat terlihat , apakah pemilik uang sudah mengunakan uangnya sesuai anggaran ataukah diluar rencana.
2.    Game Menabung
Jika pemilik uang bukanlah orang yang terorganisir atau tidak suka dengan menulis laporan keuangan harian layaknya seorang bendahara,mungkin dapat mencoba teknik Game Menabung. Apakah yang dimaksud dengan teknik ini ? Untuk aturan game ini sangat mudah, pertama siapkan wadah, bisa celengan bisa botol plastik atau dompet kosong.
Kemudian buat aturan pada untuk diri anda sendiri, misalnya jika setiap hari menemukan uang cash sebesar Rp. 20.000 di dompet maka uang tersebut harus dimasukan ke dalam wadah yang disediakan. Lakukan hal tersebut setiap hari secara disiplin, kemudian seberapa banyak jumlah uang tersebut baru dapat diketahui di akhir bulan. Meskipun tidak terlalu efektif untuk menekan pengeluaran, setidaknya pada akhir bulan anda memiliki cadangan uang.

3.    Sisihkan Uang Berdasarkan tanggal Kalender
Teknik menyisihkan uang sesuai tanggal kalender merupakan teknik yang membutuhkan komitmen yang tinggi. Bagaimana tidak, dimulai dari tanggal 1 pemilik uang harus menyisihkan uang sebesar Rp.30.000 kemudian pada tanggal 2 dapat dikurangi menjadi Rp. 29.000 meskipun terkesan mudah, banyak orang yang tidak berhasil dalam teknik ini. Selain menuntut kedisiplinan, teknik ini terkendala pada jumlah uang yang sudah ditentukan, sehingga membutuhkan effort khusus untuk mempersiapkan jumlah uang yang sesuai. 

Namun, apapun teknik mengatur uang yang anda gunakan keberhasilan dalam pengelolaannya tergantung kepada diri anda sendiri. Dimulai dari niat, kejujuran, kedisiplinan dan komitmen maka anda akan mampu mengatur keuangan dengan baik.
Pada awalnya pemilik uang akan merasa berat dan tersiksa, namun jika hal ini terus dibiasakan anda akan menjadi pribadi yang mampu mengatur keuangan dengan baik, Sehingga saat akhir bulan nanti, pemilik uang tidak perlu menderita karena uang telah habis, sebab sudah dipersiapkan dengan baik maka akhir bulan akan tetap terasa menyenangkan.

Penulis : Ni Alith Sanitha

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatur Uang Yang Bikin Akhir Bulanmu Tetap Santai "

Post a Comment