Fungsi Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Karakter Islami

Fungsi Pendidikan Agama Islam -- Menurut Kurshid Ahmad sebagaimana dikutip oleh Ramayulis
fungsi dasar pendidikan dapat dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Alat untuk memelihara, memperluas dan menghubungkan tingkattingkat kebudayaan, nilai-nilai tradisi dan sosial serta ide-ide nasional dan masyarakat.
  2. Alat untuk perubahan, inovasi, perkembangan dan secara garis besar melalui pengetahuan dan skills (keterampilan) yang baru ditemukan dan melatih tenaga-tenaga manusia produktif untuk menemukan perimbangan perubahan sosial ekonomi.
Dalam pendidikan Islam tidak hanya menyiapkan seorang anak didik memainkan peranannya sebagai individu dan anggota masyarakat saja, akan tetapi juga membina sikapnya terhadap agama, tekun beribadat, mematuhi peraturan agama serta menghayati dan mengamalkan nilai luhur agama dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi pendidikan agama Islam secara makro adalah memelihara dan mengembangkan fitrah dan sumber daya insani yang ada pada subyek didik menuju terbentuknya manusia yang seutuhnya (insan kamil) sesuai dengan norma Islam atau menuju terbentuknya kepribadian muslim. Ada beberapa fungsi pendidikan agama Islam, yaitu:
  • Mengembangkan wawasan yang tepat dan benar mengenai jati diri manusia, alam sekitarnya dan mengenai kebesaran Ilahi, sehingga tumbuh kreativitas yang benar,
  • Mensucikan diri manusia dari syirik dan berbagai sikap hidup dan perilaku yang dapat mencemari fitrah kemanusiaannya dengan menginternalisasikan nilai-nilai insani dan Ilahi pada subjek didik,
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan untuk menopang dan memajukan kehidupan baik individu maupun sosial.
Fungsi pendidikan agama Islam sebagaimana tercantum dalam kurikulum pendidikan agama Islam adalah:
  • Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Allah SWT yang telah ditanamkan dalam lingkungan keluarga.
  • Penanaman nilai sebagai pedoman hidup untuk mencari kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
  • Penyesuaian mental, yaitu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial dan dapat mengubah lingkungannya sesuai dengan ajaran agama Islam.
  • Perbaikan, yaitu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan, kekurangankekurangan dan kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pemahaman dan pengalaman ajaran dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungannya atau dari budaya lain yang dapat membahayakan dirinya dan menghambat perkembangannya menuju manusia Indonesia seutuhnya.
  • Pengajaran tentang ilmu pengetahuan keagamaan secara umum, sistem dan fungsionalnya.
  • Penyaluran, yaitu untuk menyalurkan anak-anak yang memiliki bakat khusus di bidang agama Islam agar bakat tersebut dapat berkembang secara optimal sehingga dapat dimanfaatkan untuk dirinya sendiri dan bagi orang lain

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Karakter Islami"

Post a Comment