Candi Borobudur Yang Megah, Candi Budha Terbesar di Dunia

Kawasan Wisata Candi Borobudur Yang Megah, Candi Budha Terbesar di Dunia. -- Borobudur adalah sebuah candi terbesar di dunia, candi ini terletak di Indonesia tepatnya di kabupaten magelang, jawa tengah. Candi borobudur adalah candi yang dimiliki oleh umat budha, didirikan sekitar tahun 800-an masehi pada masa dinasti Wangsa Syailendra.

Borobudur berbentuk stupa, yang oleh UNESCO dijadikan sebagai monumen dan kawasan stupa terbesar di dunia. Pada abad ke-9 sampai abad ke-10, borobudur banyak dikunjungi oleh orang orang budha dari seluruh dunia, diantaranya dari Kamboja, Thailand, China, dan India untuk melakukan peribadatan umat budha.

Struktur candi borobudur sangat megah sekali, dihiasi oleh  2672 pahatan relief dengan panjang mencapai 6 km. ini merupakan relief termegah di dunia, karena sangat besar dan sangat panjang. Relief ini memiliki 4 bagian kisah yaitu : Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka, Awanda serta Gandawyuda.

Kisah pada relief tersebut menceritakan tentang perjalanan budha dan beberapa ajarannya, serta menceritakan peradaban jawa pada masa lampau. Di relief tersebut terdapat pahatan kapal, yang berarti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah seorang pelaut yang handal dan tangguh.

Candi Borobudur didirikan pada masa raja Samaratungga, ini berdasarkan prasasti pada tanggal 26 Mei 824. Didirikan pada abad ke-8 dan ke-9, pada masa ini juga didirikan candi mendut dan candi pawon.

Baca Juga :
Tiga Jajanan Khas Surabaya, Cocok untuk Oleh - Oleh Kamu
Kota Berhawa Sejuk dan Dingin di Indonesia, Cocok Untuk Melepas Penat
Air Terjun di Lombok Yang Sayang Jika Di Lewatkan
Dua Tempat Wisata Yang Berada di Jawa Barat Ini Keren Parah

Candi ini dibuat selama 75 tahun, waktu yang sangat lama sekali. Namun walaupun pada masa itu teknologi belum maju, namun mampu untuk membuat candi besar dengan dua juta batu andesit. Arsitek dalam pembuatan candi ini adalah seseoran yang bernama Gunadarma.

Jika kamu ingin ke candi borobudur maka tiket yang harus dibayarkan adalah Rp. 30.00,- per orang untuk kategori dewasa. Untuk anak-anak tiketnya dalah Rp. 12.500,-. Untuk wisatawan mancanegara tiket masuk bisa dibayar dalam mata uang dollar, tiketnya adalah 15 USD untuk dewasa dan 8 USD untuk anak-anak.

Di kawasan wisata candi borobudur, fasilitas yang dimiliki sangat lengkap. Terdapat restoran, penginapan, toko cinderamata, dan beberapa warung telekomunikasi / konter. Disediakan juga tour guide yang akan membimbing perjalanan anda dan meceritakan sejarah dan kisah candi borobudur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Borobudur Yang Megah, Candi Budha Terbesar di Dunia"

Post a Comment