Planet dan Sistem Tata Surya Kita

Sebagai hasil dari peristiwa dentuman besar, para ahli astronomi memperkirakan ada sekitar 300 milyar galaxi di jagat raya. Galaxi-galaxi ini memunyai bentuk yang berbeda, ada yang berbentuk spiral, eliptikal, dan sebagainya. Masing-masing galaxi juga diperkirakan memiliki 200-300 milyar bintang, dimana matahari adalah salah satu bintang dalam salah satu galaxi yang bernama Bima Sakti (Milky Way) yang berbentuk spiral. Pada galaxi inilah kita hidup sekarang.

Milky Way memiliki dua galaxi tetannga (Large Magellanic Cloud dan Small Magellanic Cloud) ynag tampak dari belajan bumi sebelah selatan.Galaxi tetangga yang besar dan terdekat adalah andromeda, galaxi yang juga berbentuk spiral dan berjarak sekitar 2 juta tahun cahaya. milyaran galaxi ini seluruhnya bergerak di jagat semesta raya dan bersama dengan seluruh isinya diciptakan dan diatur oleh Allah swt. 

Sistem tata surya kita ternyata terletak di bagian sayap spiral dan bentangan raksasa galaxi. ini rupanya adalah suatu posisi kosmos yang strategis bagi penghuninya yang lebih mendekati tepi galaxi. Dengan posisi kosmos ini, kita (khususnya ahli astronomi) lebih memiliki kesempatan untuk mengamati galaxi lain tetangga Bima Sakti yang berbentuk spiral.

Matahari memiliki sembilan planet yang mengelilinginya secara harmonis. Planet yang ke tiga dari arah matahari ke arah luar adalah bumi yang kita tinggali sekarang ini. Namun demikian, beberapa hari sebelum buku ini selesai ditulis, pada tanggal 29 Juli 2005 NASA mengumumkan ditemukannya planet ke-10, Meskipun masih mengundang perdebatan Apakah itu benar-benar planet ke 10 setelah planet ke-9 Pluto ditemukan 75 tahun yang lalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Planet dan Sistem Tata Surya Kita"

Post a Comment