Pemanfaatan dan Penggunaan Internet Dalam Pendidikan

Pemanfaatan dan Penggunaan Internet Dalam Pendidikan. -- Teknologi digunakan untuk mengatasi masalah, kendala, atau ketidakmampuan kita pada sesuatu. Sebagai contoh, ketika orang memiliki masalah dengan matanya, kita menggunakan teknologi yang berhubungan dengan optic untuk membuat kacamata. Demikian pula teknologi informasi sebenarnya dapat digunakan untuk memecahkan masalah kita. Contoh lain, informasi melalui internet merupakan jendela dunia yang memberikan segala informasi yang ada di seluruh dunia. Satu klik pada mouse, kita dapat mengetahui berbagai informasi di penjuru dunia.
 
Dengan informasi tersebut, kita dapat mengupdate pengetahuan kita. Dapat mempertimbangkan apa yang sebenarnya terjadi dan yang seharusnya terjadi. Dengan kemampuan pemikiran kita, bisa jadi kita menciptakan suatu pembaharuan atau inovasi kearah keadaan yang lebih baik. Terutama pada era globalisasi ini, persaingan tidak mungkin dapat dihindari. Kita harus menjadi seseorang yang peka terhadap teknologi, karena teknologi memberikan kita pembaharuan dan kemudahan. 

Diketahui bahwa internet berawal dari institusi pendidikan dan penelitian di Amerika Serikat. Sebelum adanya internet, masalah utama yang dihadapioleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akseske sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang tidaklah murah. Pengelolan yang baik juga tidak mudah, sehingga banyak tempat di berbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya internet memungkinkan mengakses ke sumber informasi yang mulai tersedia banyak.
Dengan kata lain,masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi. Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidang apapun yang diminati, pasti ada informasi di internet. Contoh sumber-sumber informasi yang tersedia secara online, antara lain: Library,  Online Journal, Online Courses. Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain.

Adanya internet merupakan salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinkan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain untuk mendiskusikan suatu masalah. Saat ini hal ini dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui internet, via email, ataupun dengnan menggunakan mekanisme file sharing. Mahasiswa di manapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi. Kolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan mudah, efisien, dan lebih murah.

Sharing information juga dibutuhkan dalam bidang penelitian agar penelitian tidak berulang. Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan ilmu dan teknologi. Penggunaan Teknologi Informasi (TI) dalam pembelajaran seiring perkembangan jaman pertukaran informasi semakin cepat dan instant, sehingga penggunaan system tradisional dalam mengajar yang mengandalkan tatap muka antar guru dan murid akan menghasilkan pendidikan yang sangat lambat dan tidak seiring perkembangan jaman.

Sistem tradasional ini seharusnya sudah ditinggalkan sejak ditemukannya media komunikasi multi media. Karena sifat internet yang dapat dihubungkan setiap saat, artinya siswa dapat memanfaatkan program-prgram pendidikan yang disediakan di jaringan Internet kapan saja sesuai dengan waktu luang mereka, sehingga kendala ruang dan waktu yang mereka hadapi untuk mencari sumber belajar dapa teratasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemanfaatan dan Penggunaan Internet Dalam Pendidikan"

Post a Comment