Konsep Dasar Teknologi Pendidikan, Sejarah dan Perkembangannya

Konsep Dasar Teknologi Pendidikan, Sejarah dan Perkembangannya. -- Pada makalah ini telah dipaparkan mengenai Konsep Dasar Teknologi Pendidikan yang terdiri dari 14 halaman. Pada makalah yang ditulis oleh kelompok 1, membahas tentang pengertian dan tujuan teknologi pendidikan, perkembangan konsep teknologi pendidikan (masa awal, masa pertumbuhan dan perkembangan), pengaruh penerapa teknologi pendidikan terhadap proses pendidikan, serta sejarah teknologi pendidikan di Indonesia.

Teknologi Pendidikan adalah sesuatu alat atau pemikiran modern yang membantu penyampaian pesan ketika proses belajar mengajar. Teknologi pendidikan membahas tentang pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem. Teknologi juga sebgaai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Teknologi pendidikan juga sebagai pemecahan masalah bagi pendidik untuk mengatasi masalah dalam proses belajar mengajar. 

Pada makalah tersebut dijelaskan perkembangan konsep teknologi pendidikan. Pada masa awal sejarahnya, dunia pendidikan telah mengalami empat tahap revolusi. Revolusi pertama terjadi ketika masyarakat memberikan wewenang pendidikan anak kepada orang tertentu yang pada saat ini disebut guru. Revolusi kedua pemakaian bahasa lisan dan tulisan dalam penyajian pelajaran sekolah. Revolusi ketiga adalah dimana mulai bermunculan buku-buku cetak yang dipakai di sekolah. Dan revolusi keempat adalah masuknya teknologi canggih yang memunculkan alat-alat elektronik.

Pada masa pertumbuhan dan perkembangan konsep teknologi pendidikan yang pertama yaitu pembelajaran visual atau alat bantu visual, pada pembelajaran ini digunakan gambar, model, benda atau alat yang dapat dipahami dengan mudah oleh anak. Yang kedua, pembelajaran audio visual, alat ini digunakan untuk menyampaikan ilmu kepada anak melalui mata dan telinga sehingga anak lebih mudah menangkap apa yang telah disampaikan oleh guru. Yang ketiga yaitu pembelajaran sebagai teori komunikasi dimana pembelajaran ini dianggap paling berguna unuk penyampaian pesan secara mudah kepada peserta didik. Namun, kelemahan dari konsep ini adalah masih ada anggapan bahwa hanya berjalan satu arah saja. Padahal dalam proses komunikasi terjadi secara dua arah yaitu adanya umpan balik dari penerima ke penyampai pesan.

Pengaruh penerapan teknologi pendidikan terhadap proses pendidikan akan terasa sekali pada tiga hal yaitu pengambilan keputusan pendidikan, lahirnya berbagai alternatif lembaga pendidikan, dan pola pembelajaran.

Sejarah teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran di Indonesia muncul sejak pertengahan 1970-an. Pertumbuhan program studi (prodi) Teknologi Pendidikan ada baik jenjang S-1 maupun di Program Pascasarjana di PTN maupun PTS. Pendirian prosi bertujuan untuk menyiapkan SDM yang kompeten, dan tangguh dalam upaya mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia melalui berbagai inovasi (teknologi) di berbagai jenjang pendidikan.

Oleh : FAIZAH ZAHIROH AJI AZZAHROH
PAI UM Surabaya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep Dasar Teknologi Pendidikan, Sejarah dan Perkembangannya"

Post a Comment