Dampak Positif Dan Negatif Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Dampak Positif Dan Negatif  Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. -- Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat ini merupakan hal yang penting untuk ditingkatkan demi teriptanya suatu kehidupan yang berjalan dengan aman, nyaman, dan tentram. Adapun dampak yang ditimbulkan akibat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai berikut:

A. Dampak Positif  :
  • Saluran informasi dan komunikasi menjadi lebih cepat, tepat, dan akurat.
  • Aktivitas manusia menjadi lebih lancar dan terpenuhi.
  • Kegiatan pembelajaran akan lebih efektif efisien dan menyenangkan karena adanya teknologi yang membantu.
  • Internet mempermudah para pelajar untuk memperoleh bahan untuk tugas.
B. Dampak Negatif : 
  • Banyaknya informasi yang kita terima sering membuat kita kesulitan dalam memilih prioritas dan menentukan kebenaran informasi tersebut.
  • Teknologi internet yang bisa disalahgunakan untuk mengakses situs porno.
  • Facebook, instagram, tik tok, yang bisa menyebabkan malas.
  • Makin banyak informasi yang kita tampilkan dan share di internet dengan atau tanpa kita sadari yang membuka peluang penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. (contohnya : Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp dan lain-lain.
Hambatan Implementasi Internet Di Lingkungan Pendidikan
Implementasi Internet di lingkungan Pendidikan ternyata tidak mudah. Banyak hambatan dan masalah yang harus dihadapi, antara lain :
  1. Tidak adanya atau sulitnya pendanaan untuk mengadakan fasilitas internet. Masalah ini bisa dipecahkan dengan mendekati vendor, pihak penyedia jasa telekomunikasi, bank dan institusi financial untuk memberikan bantuan khusus kepada sekolah yang ingin terhubung ke internet.
  2. Kurangnya pengajar (guru) yang mahir dalam bidang internet. Masalah ini bisa dipecahkan dengan memberikan pelatihan kepada guru.
  3. Masih kurangnya dukungan dari pemerintah dalam bidang pendidikan. Kurikulum teknologi informasi sebaiknya sudah mulai diperkenalkan di sekolah-sekolah. Hal ini harus dipecahkan dengan melakukan sosialisasi dan membantu menjabarkan materi atau kurikulum di sekolah tersebut.
  4. Kurangnya materi pendidikan berbahasa indonesia yang tersedia secara online di internet. Masalah ini bisa dipecahkan dengan mengajak berbagai pihak untuk membuat karyakarya yang  apat dionlinekan. Di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, materi kuliah sudah tersedia di home page para dosen. Hal serupa dapat dilakukan diperguruan tinggi lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Positif Dan Negatif Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi"

Post a Comment