Review Buku : Pendidikan Jarak Jauh

Judul Buku               : Pendidikan Jarak Jauh
Pengarang                : Drs. Bambang Warsita, M.Pd.
Tempat                     : Jln. Ibu Inggit Garnasih No.40 Bandung (40252)
Penerbit                    : PT Remaja Rosdakarya Bandung
Tanggal diterbitkan : September 2015
Keterangan Edisi     : Cetakan pertama
Jumlah Halaman      : vii + 264
Harga                       : Rp. 60.500,-
ISBN                        : 978-979-629-063-1


Pendahuluan, buku karya Drs. Bambang Warsita yang berjudul “Pendidikan Jarak Jauh ini” membahas perihal sistem pendidikan jarak jauh mulai dari konsep sampai penyelenggaraannnya, penyusunan buku ini ditujukan bagi para praktisi pengembang dan penyelenggara diklat jarak jauh, mahasiswa, dosen, dan pihak-pihak lain yang berminat pada pengembangan dan penyelenggaraan diklat jarak jauh. Secara keseluruhan buku ini terdiri dari 10 bab yang berisiskan bab 1 pendahuluan, bab 2 konsep diklat jarak jauh, bab 3 peranan TIK dalam penyelenggaraan diklat jarak jauh, bab 4 perancangan sisitem dan model diklat jarak jauh, bab 5 pengembangan bahan belajar dalam diklat jarak jauh, bab 6 kegiatan pembelajaran dalam diklat jarak jauh, bab 7 i mplementasi diklat jarak jauh, bab 8 evaluasi dalam diklat jarak jauh, bab 9 pendidikan dan pelatihan guru sekolah dasar melalui siaran radio pendidikan, dan bab 10 pendidikan dan pelatihan bahasa inggris guru SD sistem jarak jauh.
Sinopsis Buku, buku ini membahas tentang sistem pendidikan jarak jauh, mulai dari konsep epndidikan jarak jauh dan peranan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh. Kemuadian dilanjutkan dengan bagaimana perancang sistem dan model pendidikan jarak jauh, bagaimana mengembangkan bahan belajar dan kegiatan pembelajarannya, bagaimana implementasi dilapangan dan evaluasinya, baik evaluasi hasil belajar maupun evaluasi programnya.
Bahasa yang digunakan dalam penulisan buku ini cukup mudah untuk dipahami, karena dalam penulisan buku ini juga menggunakan istilah-istilah asing seperti bahasa inggris namun juga disertai dengan arti. Buku pendidikan jarak jauh ini juga banyak memuat UUD tentang dunia pendidikan dan teknologi komunikasi. Sekilas jika dilihat dari cover bukunya yang bergambar media komunikasi berupa laptop sudah jelas menggambarkan akan kecanggihan teknologi pada saat ini yang memudahkan siapa saja untuk mengakses informasi yang dibutuhkan, apalagi dalam dunia pendidikan. Didalam buku ini juga menyertakan gambar-gambar contoh alat-alat komunikasi yang digunakan dalam dalam pendidikan jarak jauh. 
Isi dari buku ini menjelaskan bagaimana konsep pendidikan jarak jauh yang banyak diminati oleh siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan akan tetapi terbentuk dengan kesibukan yang dilakukan sehari-hari. Dari buku ini juga memberi penjelasan kepada pembaca bahwa untuk menempuh sebuah pendidikan itu tidaklah rumit, karena siapa saja bisa menempuh pendidikannya dimana saja selagi mampuh dan bisa. Alasan kenapa saya tertarik dengan buku ini karena di era yang serba canggih seperti sekarang ini maka penting kiranya untuk memperoleh pendidikan sesibuk apapun itu dan pendidikan jarak jauh ini adalah salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Kesimpulannya bahwa pendidikan bisa didapat oleh siapa saja dan dimana saja tidak menutut kemungkinan untuk orang yang super sibuk sekalipun. Karena pendidikan tidak hanya didapat dengan cara tatap muka saja dan buku yang saya review ini memberikan solusi bagi siapa saja yang tidak sempat mengenyam pendidikan secara formal seperti dibangku sekolah,  dan buku ini juga sudah menyajikan bagaimana caranya memperoleh pendidikan dari jarak jauh dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang sekarang ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Buku : Pendidikan Jarak Jauh "

Post a Comment