RESUME BUKU : SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Identitas buku:
Judul                           : Sosiologi Pendidikan
Penerbit                      : GAJAH MADA UNIVERSITY PRESS
 anggota IKAPI 0805090-C1E
 ISBN 979-420-680-6
Cetakan pertama         : Juli 2008 1464.29.07.08
Hak Penerbitan © 2008 GAJAH MADA UNIVERSITY PRESS
P.O BOX 14, Bulak Sumur, Yogyakarta 55281.
E-mail  : gmupress@ugm.ac.id
Homepage : http:/www.gmup.ugm.ac.id


KATA PENGANTAR
Kelangkaan buku referensi non digital yang membahas tentang sosiologi pendidikan mendorong penulis untuk menulis buku tentang sosiologi pendidikan,kalaupun ada buku-buku tersebut ditulis pada tahun 70-an.contoh buku sosiologi pendidikan antara lain: the sociological of education ditulis oleh Peter William Musgrave(1979), Plive Bank, the sociological of education (1976),Ronald Kentish Browne, the sociological of education (1983),dan Holger Richard Stub, the sociological of education (1975). Ada juga buku sosiologi pendidikan yang ditulis pada tahun 2000-an salah satunya adalah tulisan Meighan dan Harber (2007)yng menulis ‘A sociology of Educating’ yang terinspirasi tulisan sosiologi pendidikan klasik dari Waller (1932) tentang ‘sosiology of Teaching’. Kajian sosiologi pendidikan bisa dikatakan masih tergolong ilmu pengetauan baru . dipelopori oleh sosiolog di Inggris mulai awal 1970 dan banyak mendapat dukungan dari para ahli di AS dan berbbagai tempat lain. Saat itu sosiologi pendidikan merupakan reaksi dari reaksi pendekatan makro sistemik. Kajian – kajian sosiologi pendidikan kurang menaruh dimensi mikro sepreti formasi kesadaran dan pemahaman individu terhadap apa yang terjadi dibalik fenoomena.

BAB I
PERKEMBANGAN PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Pada bagian ini membahas tentang sosiologi sebagai pendekatan studi tentang pendidikan,beberapa pendekatan yang digunakan sejumlah perspektif sosiologi sosiologi pendidikan , baik sosiologi yang beroriantasi mikro ataupun perspektif makro. Pembaca juga dibawa untuk menelaah tentang paradigma yang berkembang di dunia pendidikan ,sebagai implikasi dari pilihan perspektifsosiologis yang digunakan.dalam buku ini pembaca dibawa kepada pemahaman pendidikan dari paradigma, behaviorisme,kontruktivisme dan social cognitive dalam pengembangan pendidikan.

BAB II
PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF STRUKTURALFUNGSIONAL
Pada bab ini membahas tentang kajian struktural fungsional yang berguna dalam pemahaman posisi perspektif ini dalam mengembangkan pandangan pembaca tentang pendidikan. Lebih detail memasuki konteks social yang melatarbelakangi timbulnya perspektif ini,asumsi-asumsi,pertanyaan yang diajukan,unit analisa dan metodologi,serta kerangka pemikiran para tokohnya, seperti,Auguste Comte,Herbert Spenser,EmileDurkheim,Talcott Parson,Robert Merton dan tokoh yang mengembangkan Neo-fungsioanalisme,Jeffrey Alexander dan implikasinya terhadapstrategipembelajaran.

BAB III
PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF STRUKTURAL KONFLIK
Bagian ini mengajak pembaca untuk menelusuri pemikiran struktural konflik, membahas peran Karl Marx dalam membangun teori konflik ,aliran filsafat yang mempengaruhi jalan pikiran Karl Marx,diantaranya dalam membahas perkembangan kapitalisme,masyarakat industri dan mode reproduksi social yang semuanya dikaitkan dengan pendidikan. Di bagian ini juga dibahas beberapa aliran penerus pemikiran Karl Marx,seperti aliran Hegelian Marxis,Madzhab Frankrut,pemikiran Antonio Gramsci dan pemikiran aliran kritisme lainnya yang mengkaji pendidikan.

BAB IV
PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KONSTRUKSIONIS
Pada bab ini pembaca diajak untuk membahas “Pendidikan dalam perspektif kontruksionis”. Max weber membahas tentang kapitalisme , stratifikasi social , klas dan kekuasaan serta kontribusi Max Weber terhadap sosiologi pendidikan yaitu dengan teori organisasi birokrasi rasional yang menginspirasi duni pendidikan dalam mengorganisir diri. Bab ini juga mengajak pembaca untuk menelusuri pemikiran madzhab Karl Mark antara lain pemikiran Edmund Husserl, Alfred Schutz, Peter L.Berger , Thomas Luckman yang membahas tentang pendidikan dalam perspektif konstruksionisme.
 
BAB V
MASALAH SOSIOLOGIS DALAM PENDIDIKAN
Pada bab ini membahas tentang masalah – masalah sosiologik dalam pendidikan ,misalnya masalah pendidikan multikultural,gender,identitas dan pluralism. Disamping membahas tentang peran dan cara pendidikan mengantisipasi perubahan social. Meskipun di Indonesia diangagap sebagai sesuatu yang baru, namun sebenarnya ia memiliki akar budaya yang sudah tumbuh sudah lama. Meski harus diakui ide ini sebagai produk barat.Pada tahun 1990-an di Amerika mulai muncul pemikiran ini setelah dirasakan ubungan antara budaya dominan  dengan budaya yang lebih lemah telah melahirkan konflik bahkan agresi dan perlawanan.


PENUTUP
Sosiologi sangat bermanfaat dalam kehidupan umat manusia terutama dalam dunia pendidikan. Karena pendidikan diselenggarakan bukan di ruang kosong melainkan di tengah masyarakat yang terus mengalami perubahan di setiap saat secara berkesinambungan.
Dengan mengetahui karakteristik perubahan masyarakat antara dunia pendidikan dan masyarakat dapat berjalan beriringan dan saling melengkapi saatu sama yang lain. Buku ini membantu para ekspert, peneliti , dosen  mahasiswa , undergraduate maupun postgraduate yang ingin memajukan peradaban melalui pendidikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RESUME BUKU : SOSIOLOGI PENDIDIKAN"

Post a Comment