Resume Buku : Belajar dan Mengajar



Judul                           : Belajar dan Mengajar
Penulis                         : Dr. Damayati dan Drs. Mudjiono
Penerbit                       : Rineka Cipta
Tahun terbit                : 2009
Tebal Halaman            : 298 halaman ; 20,5 cm



Pendahuluan, Sebagai usaha untuk meningkatkan mutu lulusan Pendidikan tenaga kependidikan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan penyesuaian kurikulum Pendidikan tenaga kependidikan, khususnya guru sekolah menengah. Kurikulum yang disesuaikan tersebut dijabarkan dalam:
-          Ketentuan-ketentuan pokok kurikulum Pendidikan Prajabatan Tenaga Kependidikan dan Strategi Pengembangaannya
-          Topik Inti, rancangan mata kuliah dan silabus MKDK
-          Topik Inti, contoh rancangan mata kuliah dan silabus MKBS dan KMPBM untuk berbagai program studi
Berdasarkan kurikulum yang telah disesuaikan tersebut ditulislah buku bahan belajar sebagai buku pegangan mahasiswa dan dosen dalam penyelenggaraan perkuliahan. Buku bahan belajar ini diharapkan akan memberi dasar, arah, dan titik tolak kegiatan perkuliahan sehingga perkuliahaan dapat dilakukan lebih terprogram.
Buku Belajar dan Pembelajaran ini merupakan hasil penulisan Dr. Damayati dan Drs. Mudjiono dibantu oleh Drs. Hamid Hasan dan Drs. Udin Saripuddin, MA. Sebagai evaluator atau reviewer buku ini.
Belajar merupakan hal yangbkompleks. Komplesitas belajar tersbut dapat dipandang dari dua subyek, siswa dan guru. Dari segi siswa, belajar dialami sebagai suatu proses yakni proses mental dalam menghadapi bahan belajar yang berupa keadaan, hewan, tumbuhan, manusia dan bahan yang telah terhimpun dalam buku pelajaran. Dari segi guru proses belajar tampak sebagai perilaku belajar tentang sesuatu hal.
Belajar merupakan proses internal yang kompleks, melibatkan ranah-ranah kognitif, efektif, psikomotorik. Seyogyanya guru dapat mengatur acara pembelajaran yang sesuai fase-fase belajar dan hasil belajar yang dikehendaki. Buku ini memuat hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh pendidik dalam menyusun acara pembelajaran, motivasi belajar, pendekatan CBSA dan keterampilan proses, masalah-masalah belajar, serta pengembangan kurikulum. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) adalah anutan pembelajarn yang mengarah kepada pengoptimalisasian pelibatan intelektual-emosional siswa dalam proses pembelajaran, dengan pelibatan fisik siswa apabila diperlukan.
Belajar yang dihayati oleh seorang pembelajar (siswa) ada hubungannya dengan usaha pembelajaran, yang dilakukan oleh pembelajar (guru). Belajar yang terjadi pada individu merupakan perilaku kompleks, tindak interaksi antara pebelajar yang bertujuan. Oleh karena berupa akibat interaksi, maka belajar dapat dinimalisikan. Perilaku belajar dilakukan oleh si pebelajar. Pada diri si pebelajar terdapat kekuatan mental penggerak belajar. Kekuatan mental yang berupa keinginan, perhatian, kemauan atau cita-cita itu disebut motivasi belajar. Motivasi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu motivasi primer dan motivasi sekunder. Motivasi primer adalah motivasi yang didasarkan pada kebutuhan jasmani atau biologis, misalnya kebutuhan makan. Motivasi sekunder adalah motivasi yang didasarkan pada kebutuhan yang dipelajari. Misalnya untuk memperoleh makan, orang harus bekerja, bekerja tersebut harus dipelajari.
Belajar dapat dilakukan di smebarang tempat, kondisi, dan waktu. Cepatnya informasi lewat radio, televise, film, wisatawan, surat kabar, majalah, dapat mempermudah belajar. Pendekatan pembelajaran dapat berarti anutan pembelajaran yang berusaha meningkatkan kemampuan-kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resume Buku : Belajar dan Mengajar"

Post a Comment