Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi



Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi. -- Teknologi Informasi sekarang ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan yang pesat ini diawali dengan adanya teknologi jaringan (Internet) yang mengubungkan antar jutaan komputer. Selain itu, Teknologi Informasi juga telah menjadi sebuah teknologi yang bersifat universal  atau dengan kata lain bahwa Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan diberbagai  bidang kehidupan manusia, tak terkecuali bidang pendidikan. Bidang pendidikan pada saat inipun telah mengalami kemajuan yang sangat pesat pula dibandingkan dengan beberapa dekade yang lalu. Pendidikan sekarang telah mengarah ke pendidikan yang didukung oleh Teknologi Informasi. Hal ini dikarenakan sifat teknologi ini yang sangat membantu proses pembelajaran, bahkan dalam beberapa tahun ke depan setiap sekolah akan mempunyai Teknologi Informasi sebagai alat bantu pembelajaran. Alasan ini dikemukakan, karena sekarang ini Teknologi Informasi sudah menjadi suatu kebutuhan di setiap sekolah. Adanya Teknologi Informasi tersebut akan menyebabkan munculnya suatu paradigma baru dibidang pendidikan.

Paradigma pendidikan yang dahulu bersifat konvensional, sekarang mulai bergeser menjadi pendidikan yang berbasis Teknologi Informasi. Perubahan-perubahan tersebut antara lain pada metode mengajar, referensi pembelajaran, media pembelajaran dan lain sebagainya. Pada era Teknologi Informasi tersebut, memungkinkan siswa bisa saja lebih mengetahui dibandingkan dengan gurunya. Adanya masalah tersebut akan membawa konsekwensi pada guru supaya lebih kreatif dalam membuat langkah-langkah pembelajarannya. Diharapkan guru jangan sampai menyampaikan materi pembelajaran yang sudah usang atau bahkan menyampaikan materi pelajaran yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang ini.

Sebagai contoh materi pelajaran yang berkaitan dengan tata surya, dulu tata surya terdiri dari sembilan planet, akan tetapi hal tersebut sekarang telah berubah menjadi delapan planet karena ternyata Pluto bukanlah sebuah planet karena tidak sesuai dengan ciri-ciri sebuah planet (www.wikipedia.com). Jika guru masih menggunakan buku pelajaran lama, maka dia tidak akan dapat menjawab permasalahan tersebut.  Disinilah perlunya media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menjawab dan menjelaskan fenomena tersebut. Melalui Teknologi Informasi, jawaban dan penjelasan akan dapat lebih mudah dipahami oleh siswa. Media pembelajaran yang mudah dipahami siswa adalah menggunakan multimedia, hal ini dikarenakan sifat multimedia yang melibatkan text, suara, dan gambar.
Pemakaian media pembelajaran sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada sekolah dasar sampai sekolah menengah. Dengan media pembelajaran, siswa dapat lebih mempunyai gambaran yang nyata tentang apa yang dijelaskan oleh guru. Guru harus juga dituntut supaya bisa mempersiapkan media-media ataupun alat peraga pembelajaran. Alat peraga ini dapat dibuat dengan peralatan sebenarnya ataupun menggunakan Teknologi Informasi. Sebuah permasalahan yang ada, jika menggunakan media pembelajaran yang sebenarnya adalah: harga yang sangat mahal. Hal ini dapat diatasi dengan cara membuat sendiri media pembelajaran dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sekolah yaitu laboratorium komputer yang tersambung dengan jaringan internet. Dengan sumber daya ini dapat digunakan sebagai pendukung untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik sehingga siswa dapat lebih cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru. 

Baca juga :
Upaya-upaya peningkatan prestasi belajar mahasiswa senantiasa terus dilakukan oleh lembaga  pendidikan  tinggi,  pada  setiap  faktor  yang  dapat meningkatkan  prestasi belajar  mahasiswa.  Terlebih-lebih  dengan  adanya  pemanfaatan  perangkat  teknologi informasi dan komunikasi, yang memungkinkan untuk melakukan aktivitas belajar dan mengajar lebih efektif
Pengembangan pendidikan menuju e-learning merupakan suatu keharusan agar standar mutu  pendidikan  dapat  ditingkatkan,  karena  e-learning  merupakan  satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang  berlandaskan  tiga  kriteria  yaitu:  (1)  e-learning  merupakan  jaringan  dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau  informasi,  (2) pengiriman sampai ke pengguna  terakhir melalui komputer dengan menggunakan  teknologi  internet yang standar, (3) memfokuskan pada pandangan yang paling  luas  tentang  pembelajaran  di  balik  paradigma  pembelajaran  tradisional (Rosenberg 2001; 28), dengan demikian urgensi teknologi informasi dapat dioptimalkan untuk pendidikan.
Model pembelajaran e-learing meliputi, model-model pengembangan pembelajaran yang memungkinkan untuk dikembangkan menggunakan perangkat ICT, penelusuran  referensi  lewat  browsing  internet,  content  pembelajaran  yang  tersedia dalam  situs  e-learing  internal,  keaktifan  dan  kreativitas  dosen  dalam mengisi  kontenkonten pembelajaran, kelengkapan materi dan referensi yang tersedia dalam fasilitas e-learning,  kemudahan  akses  mahasiwa,  serta  tingkat  keaktifan  mahasiswa  dalam melakukan  pembelajaran  menggunakan  e-learing.  Peningkatan  kulitas  pembelajaran dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi"

Post a Comment