Review Buku : Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat



Judul Buku                              : Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat
Judul Asli                                : Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha fii Baiti wal
  Madrasati wal    Mujtama’
Pengarang                               : Abdurrahman An Nahlawi
Penerbit                                  : Gema Insani Press
Penerjemah                             : Shihabuddin
Penyunting                              : Euis Erinawati
Ilustrasi & Desain Sampul      : Edo Abdullah
Tahun Terbit                           : 1995
Tebal Buku                             : 316 halaman 21 cm
Tempat Terbit                         : Jakarta



Review Buku                         :
  Kandungan dalam buku ini banyak menjelaskan terkait dengan tujuan pendidikan dalam islam yakni memelihara fitrah manusia, yang mana manusia di tuntut menciptakan metode pendidikan yang dinamis, efektif dan dapat mengantarkannya pada kebahagian dunia akhirat. Namum di era zaman modern ini, pendidikan lebih di dominasikan oleh karakter pendidikan barat yang menawarkan berbagai konsep pendidikan yang sarat teori psikologi dan filsafat pendidikan, akan tetapi konsep yang mereka tawarkan itu tidak mampu melahirkan manusia yang sadar akan tugas dan tujuan hidupnya. Kondisi yang sepert ini menuntut adanya penggalian kembali metode pendidikan yang berpedoman pada Al-Qur’an dan As-Sunnah untuk memperolah hasil yang sesusai target, metode pendidikan yang dihasilkan harus merupakan paduan antara aspek keilaihan dan keilmiahan sehingga dapat dijadikan pegangan para pendidik dalam membina umat.
Seperti dalam kutipan halaman 84 bahwa “akidah adalah konsep-konsep yang diimani manusia sehingga seluruh perbuatan dan perilakunya bersumber pada konsepsi tersebut. Akidah islam dijabarkan melalui rukun-rukun iman dan berbagai cabangnya seperti tauhid uluhiyah atau penjauhan diri dari perbuatan syirik.” Keimanan merupakan salah satu landasan pendidikan, karena dengan keimanan seseorang tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang bersifat mengkhawatirkan keteguhan hatinya. Keimanan yang benar merupakan landasan yang kokoh bagi konsep pendidikan yang berkualitas tinggi. Dengan bekal keimanan seseorang akan memilki perilaku yang jauh lebih baik dari yang lainnya, semisal dalam hal system, hukum, tatanan dan keharmonisan.
Meneliti kembali pendidikan di era abad 20 lebih banyak menyajikan metode-metode intelektual kebaratan yang lebih berfokus pada penalaran tanpa dasar yang kongkrit apalagi yang berhubungan dengan ketauhidan. Sehingga para generasi sekarang lebih mementingkan pengetahuan ilmiah tanpa adanya keilahian. Padahal pemahaman ketauhidan merupakan  benteng pertahanan bagi dirinya dengan dunia luar agar terhindar dari dampak-dampak negatif yang sudah menyebar dan menjalar pada unsur pendidikan.
Dalam buku ini pula mengenalkan kita akan adanya metode-metode  yang dianggap paling menonjol dalam pendidikan islam sendiri, antara lain; metode dialog Qur’ani dan Nabawi, mendidik melalui kisah-kisah Qur’ani dan Nabawi, mendidik melalui perumpamaan Qur’ani dan Nabawi, mendidik melalui keteladanan, mendidik melalui aplikasi dan pengalaman, mendidik melalui ibrah dan nasihat dan mendidik targhib dan tarhib. Jika metode diatas dapat terlaksana dengan baik maka akan menghasilkan generasi yang mampu mengubah peradaban Islam menuju cahaya ilmu pengetahuan yang lebih beradab dan berintelektual islami yang terbebas dari sifat kezhaliman.
Oleh karena itu dengan hadirnya buku ini mampu membuka cakrawala bagi para pembaca untuk bisa mengaplikasikan metode-metode pendidikan islami di berbagai kalangan, karna bukan hanya untuk pendidik saja melaikan semua aspek yang terlibat untuk memperbaiki karakter anak bangsa yang sudah teramat jauh terhindar dari sentuhan islami. Serta mengajak untuk memahami keistimewaan pendidikan islam dan mewaspadai dampak negatif pendidikan barat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Buku : Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat"

Post a Comment