Museum Islam Lamongan, Destinasi Wisata Edukasi Tentang Sejarah Peradaban Islam

Saat berkunjung ke Jawa Timur, kita bisa melihat berbagai makanan khas yang terkenal, jika di Surabaya kita mengenal rawon setan, maka di Lamongan dikenal juga dengan soto khasnya yaitu soto lamongan.

Namun di Lamongan tidak hanya terkenal dengan soto lamongan saja, namun ada tempat-tempat terbaik yang harus dikunjungi.

Beberapa tempat wisata di Lamongan diantaranya Wisata Bahari Lamongan, Tanjung Kodok, Tlogo Sadang, Maharani Zoo dan Goa, Museum Islam Lamongan (Indonesian Islamic Art Museum), dan lain lain.

Tempat yang terakhir disebutkan adalah sebuah museum Islam terbesar yang ada di Indonesia. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi sejarah Islam di Dunia.

Di Museum tersebut juga menyajikan sejarah Islam di Indonesia dan sejarah sejarah Islam dunia. Tentu ini sangat menarik sekali untuk dikunjungi.

Museum ini mulai dibuka untuk umum pada tanggal 28 Desember 2016, destinasi wisata pendidikan ini sangat membantu para unsur-unsur pendidikan dalam mengembangkan wawasan tentang sejarah Islam.

Di Museum Islam Lamongan terdapat beberapa zona. Ada tiga zona yang dibagi menjadi beberapa tema. Yaitu zona tentang sejarah peninggalan Islam zaman dahulu, zona audio visual dan zona diorama tentang sejarah Islam.

Saat memasuki zona audio visual, akan disajikan sebuah film pendek berduasi sekitar 15 menit tentang sejarah kebudayaan Islam.

Di zona sejarah peninggalan Islam, disajikan koleksi benda benda bersejarah yang ada pada masa kerajaan Islam.

Dan pada zona diorama, disajikan beberapa miniatur masjid, dan gambaran tentang peta penyebaran agama Islam di Indonesia. Zona ini sangat luas, di tempat ini cocok untuk berfoto dan selfi.

Tempat ini juga cocok dikunjungi untuk kegiatan study tour, untuk anak anak sekolah yang membutuhkan referensi kongkrit tentang sejarah peradaban Islam di Indonesia maupun di Dunia.

Museum ini menyajikan suasana edukasi wisata berbasis religi, museum ini juga sangat bagus karena sudah menggunakan system digitalisasi dalam mengarsipkan sejarah kebudayaan Islam dalam angka internalisasi nilai nilai kebudayaan Islam.

Tiket masuk untuk memasuki museum ini adalah Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah) sampai dengan Rp. 15.000,- (Lima belas ribu rupiah), Anda juga bisa langsung menuju ke Wisata Bahari Lamongan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Museum Islam Lamongan, Destinasi Wisata Edukasi Tentang Sejarah Peradaban Islam"

Post a Comment