Cara Mengelola Marah yang Efektif

Cara Terbaik Mengelola Marah -- Apakah kalian marah ketika seseorang memperlakukan kalian dengan kurang baik? Perasaan marah ialah sesuatu yang normal serta bahkan pada saat-saat tertentu diperlukan. Tetapi, sangat penting untuk menangani kemarahan dengan cara manjur . Kemarahan yang tak terkontrol mampu membikin beban tambahan pada tubuh serta kesehatan anda, korelasi kalian dengan orang lain serta kehidupan kalian dengan cara keseluruhan.


Jika kalian ingin memperoleh yang paling baik dari sebuah kemarahan, kalian wajib belajar bagaimana mengelola kemarahan dengan baik. Di bawah ini, ada beberapa pilihan untuk menolong kemarahan tetap di bawah kontrol anda.

  1. Latihlah diri kalian untuk menyadari dikala diri kalian mulai marah . Akan jauh lebih mudah untuk mengontrol emosi di detik-detik awal ketika emosi timbul. Ketika kalian menjadi lebih terstimulasi oleh kemarahan , akan lebih susah untuk mengendalikannya, serta susah untuk berpikir jernih serta rasional . latihlah kepekaan, perhatikan ketika kalian mulai menjadi marah. Anda mampu memperhatikan pola nafas anda, gerakan alias tarikan kulit di wajah, intonasi bunyi serta beberapa perubahan fisik lainnya, yang biasa terjadi dikala kalian marah.Bila terjadi perubahan ini, ketahuilah bahwa kalian sedang mulai membangun emosi marah di dalam diri anda, serta kalian mampu menghentikannya segera, sebelum emosi tersebut terakumulasi menjadi lebih besar serta susah untuk dihentikan.
  2. Latih pernafasan berikut. Saat marah, jadi sistem syaraf yang aktif di tubuh kita ialah sistem syaraf Simpatis. Ini semacam pedal gas di mobil. Secara logis, kalau kita aktifkan sistem syaraf para-simpatis ( ini semacam pedal rem di mobil), yang bekerja berlawanan dengan simpatis, jadi kemarahan akan padam. Caranya ialah dengan luar biasa nafas dari hidung sampai maksimal, lalu hembuskan dari ekspresi seperlahan mungkin. Lakukan ini beberapa kali, sampai kalian mencicipi kemarahan tersebut reda. Akan jauh lebih baik, apabila kalian melakukan faktor ini, dikala kalian kemarahan ini mulai muncul ( lihat poin 1) 
  3. Hindari Berkata Apapun Saat Sedang Marah ! sebab dikala sedang marah, kalian tak mampu berfikir dengan jernih serta rasional. Kata-kata tersebut mampu merusak sebuah hubungan, yang mungkin kalian sesali sempat kalian ucapkan. 
  4. Lakukan Perubahan Fisiologi Tubuh. Tubuh serta pikiran serta emosi ialah satu kesatuan. Jika kalian sedang marah dikala berdiri, cobalah untuk duduk. Jika dikala duduk tetap marah, cobalah untuk berbaring. Atau kalian mampu melakukan perubahan fisiologis lain yang memungkin dikala itu.
  5. Fokus Pada Solusi. Salah satu prinsip mutlak dalam nasib ialah apapun yang kita fokuskan, akan bertambah kuat dalam kesadaran kita. Jika kalian memfokuskan perhatian kalian pada solusi persoalan yang membikin kalian marah, perasaan positif akan lebih menguat dibandingkan tetap menenggelamkan diri dalam kemarahan. 
  6. Lihat Sudut Pandang Lain. Selama ini, kita rutin menonton beberapa faktor dari aspek pandang kita. Saat kalian marah pada seseorang, cobalah menonton dari aspek pandang orang itu. Anda mampu melatihnya dengan membayangkan diri kalian berada di dalam diri orang itu, sedang menonton diri kalian di depannya. Rasakan apa yang ia rasakan, pikirkan serta lihat mengenai faktor yang membikin marah, dari aspek pandangnya. Mungkin kalian tak rutin benar. 
  7. Jadikan Damai Sebagai Prioritas. Seperti pepatah berkata ` kalian mampu menjadi benar alias kalian mampu menjadi bahagia`. Mungkin kalian benar, tetapi wajib kehilangan seorang kawan demi mempertahankan kebenaran tersebut. Jika bukan sebuah gosip yang sangat fundamental, Let it go and just be happy. Kemarahan ialah sebuah emosi yang normal, tetapi wajib diingat kekuatannya untuk menghancurkan, baik kepada orang lain disekitar anda, maupun bagi diri kalian sendiri. Kemarahan mampu mengakibatkan turunnya energi serta sistem imun tubuh, yang apabila dilakukan semakin menerus akan mengakibatkan timbulnya beberapa macam penyakit semacam hipertensi, stroke alias bahkan kanker. Gunakan serta kelolalah dengan bijaksana. Bagikan ke kawan anda, mungkin ia membutuhkannya dikala ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengelola Marah yang Efektif"

Post a Comment