Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Rantai dan Gir?

Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Rantai dan Gir -- Sepeda motor sangat erat kaitannya dengan moda transportasi yang sangat digemari di Indonesia, Setiap rumah pasti memiliki sepeda motor, bahkan dalam satu rumah ada yang mempunyai lebih dari satu sepeda motor. karena sepeda motor adalah sebuah kendaraan yang harganya mampu dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

Tentunya sepeda motor yang dimiliki harus selalu dirawat dengan baik agar kondisi mesin dan onderdil sepeda motor selalu dalam kondisi baik. Perawatan mesin dilakukan agar kondisinya selalu prima dan enak saat digunakan. Tentu dengan melakukan perawatan akan mengurangi resiko kecelakaan. Membersihkan onderdil sepeda motor dan mengganti oli secara berkala akan menjaga kondisi mesin.

Salah satu bagian yang penting pada sepeda motor adalah gir dan rantai, motor bebek menggunakan rantai dan gir sebagai penggerak agar sepeda motor dapat melaju. Komponen rantai dan gear ini sangat penting karena menjadikan sepeda motor dapat berjalan dan dipcau dengan kencang. Tentu bagian ini harus diperhatikan untuk selalu dirawat dengan baik.

Gir dan rantai ini memiliki batas performa untuk digunakan, ada waktu tertentu hingga rantai dan gir ini harus diganti karena sudah lapuk. Semakin hari komponen ini akan semakin turun performanya. Oleh karena itu tentu kita juga harus merawat rantai dan gir ini agar tetap dalam kondisi prima. Pemilik sepeda motor harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti perangkat rantai gir ini.

Gejala rantai dan gir jika sudah jelek diantaranya rantai sudah terdengar kasar dan ada bunyi gesekan gesekan yang keras. Lalu rantai akan semakin renggang karena sering dipakai terus menerus. Biasanya jika roda belakang sudah mentok sat ditarik dan rantai masih renggang, maka rantai sudah layak diganti. Penggantian rantai ini akan efektif untuk mengurangi tingkat kecelakaan.

Begitu juga dengan gir, maka harus sudah tau gejalanya kapan akan diganti. Jika ujung gir sudah mulai runcing maka itu adalah tanda tanda gir sudah menurun kualitasnya dan harus diganti. 

Normalnya rantai dan gir akan turun performanya jika sudah mencapai kurang lebih 25.000 kilometer, dan apabila mengganti rantai dan gir ini, sebaiknya harus dilakukan dengan bersama sama agar penggerak sepeda motor tetap optimal dan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Rantai dan Gir?"

Post a Comment