Pengertian Ekonomi Syariah Dan Tujuannya

Pengertian Ekonomi Syariah Dan Tujuannya. -- Ekonomi syariah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah ekonomi pada rakyat berdasarkan nilai-nilai Islam. Antara ekonomi syariah dan juga ekonomi koperasi tentu saja berbeda. Ekonomi Islam syariah ini sangat menentang terhadap eksploitasi pada pemilik modal terhadap buruh yang miskin. Ekonomi syariah juga sangat menentang penumpukan kekayaan. Secara garis besar pengertian dari ekonomi syariah adalah sistem ekonomi yang menekankan karakter komprehensif terhadap subjek dan juga didasarkan terhadap nilai moral ekonomi dengan tujuan untuk mensejahterakan manusia.
 

Tujuan Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah adalah sistem ekonomi terbaik yang ada pada ajaran agama Islam. Adapun tujuan dari ekonomi syariah adalah sebagai berikut :
  • Untuk menegakkan keadilan pada masyarakat. Keadilan yang dimaksud disini adalah mencakup semua aspek pada kehiduap di bidang hukum serta muamalah.
  • Untuk mensucikan jiwa agar semua umat muslim bisa menjadi sumber kebajikan di masyarakat serta lingkungan sekitar.
  • Untuk mencapai tujuan yakni maslahah. Ulama sudah sepakat jika maslahah ini mencakup lima jaminan dasar diantaranya adalah, keselamatan pada keyakinan agama, pada jiwa, pada akal, pada keluarga dan juga harta benda.

Karakteristik Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah juga memiliki karakteristik seperti dibawah ini:

Memakai Sistem Bagi Hasil

Seperti tujuan dari Ekonomi syariah untuk mengegakkan keadilan. Nah untuk itu karakteristik dari Ekonomi Syariah yang pertama adalah menggunakan sistem bagi hasil. Pembagian dari keuntungan harus dibagi secara adil dan merata.

Memberi Kebebasan Sesuai Ajaran Islam

Pada sistem ekonomi syariah ini juga memberi kebebasan bagi para pelaku ekonomi untuk bertindak sesuai hak dan kewajiban pelaku tersebut dalam menjalankan aktivitas perekonomian selagi aktivitas tersebut masih positif dan juga sesuai pada ajaran yang ada pada agama Islam.

Menggabungkan Nilai Spiritual Dan Material

Sistem Ekonomi Syariah ini hadir sebagai wujud guna membantu para pelaku ekonomi untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai seperti apa yang diajarkan dalam agama Islam. Kekayaan yang diperoleh pada kegiatan ekonomi ini akan dipakai untuk zakat, infaq dan juga shodaqoh sesuai ajaran agama Islam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ekonomi Syariah Dan Tujuannya"

Post a Comment