5 Alasan Mengapa Karirmu Selalu Jalan Di Tempat

5 Alasan Mengapa Karirmu Berada Pada Keadaan Jalan Di Tempat. -- Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat berada pada tahapan wawancara kerja adalah ‘Pencapaian apakah yang ingin anda raih pada lima tahun kedepan ? tentu jawabannya adalah naik gaji mendapat promosi atau telah menjadi kepala cabang di perusahaan tersebut.

Merupakan suatu keharusan jika seorang karyawan mengalami peningkatan level/posisi saat telah mencapai masa kerja lebih dari lima tahun. Dengan berbekal ketrampilan yang telah terasah, kemampuan menyelesaikan masalah dan juga mengambil keputusan tidak seharusnya seorang karyawan terus berasa di level junior.

Baca Juga : Pentingnya Investasi Sejak Dini Supaya Hidup Mandiri di Hari Tua

Namun, bagaimana jika seorang karyawan yang telah bekerja lebih dari lima tahun namun tidak ada peningkatan dalam karirnya ? Karir yang tidak berkembang dapat diakibatkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Faktor Eksternal bisa dikarenakan struktur organisasi kantor yang kurang menjanjikan atau faktor internal yang ada dalam diri sendiri.

Untuk Faktor Internal merupakan hambatan perkembangan karir yang berasal dari dalam diri sendiri dan diri sendiri yang mampu merubahnya. Hal ini berhubungan dengan keadaan psikologis dari tiap individu. Berikut 5 yang menghambat perkembangan karirmu.

Baca Juga : 5 Kunci Bahagia Dan Semangat Kerja Meski Harus Work From Home

1.    Suka Membandingkan Pekerjaan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Berada dalam lingkungan pekerjaan tidak jauh berbeda saat kita berada pada lingkungan sekolah. Setiap individu berusaha untuk bekerja keras demin mendapatkan hasil yang baik. Membandingkan hasil pekerjaan kita dengan orang lain dapat dikategorikan menjadi hal yang positif maupun negatif. Akan menjadi positif jika menjadi cambuk bagi kita dalam menyelesaikan pekerjaan berikutnya, kita menjadi termotivasi untuk memberikan hasil yang lebih baik dari pada orang lain. Namun, segi negatifnya saat hasil yang kita berikan kurang baik maka akan timbul rasa rendah diri dan insecure, Hal inilah yang menghambat karir, jika kita menyerah dengan hasil yang yang kurang memuaskan kita tidak akan pernah berkembang dan tetap berada pada level yang sama.

2.    Merasa Melakukan Hal Yang Sia – Sia

Ketika hasil pemikiran kita ditolak atau hasil pekerjaan kita tidak digunakan merupakan hal yang wajar jika kita merasa kecewa akan hal tersebut. Segala usaha dan upaya yang kita kerahkan rasannya sia – sia saja. Dalam hal seperti ini saat ini kita memiliki jiwa yang besar, layaknya suatu kompetisi ada saat kemenangan dan ada saat kekalahan. Meskipun hasilnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan, paling tidak kita sudah berproses dalam menghasilkan sesuatu.

3.    Tidak Percaya Dengan Kemampuan Diri Sendiri

Pernahkan kamu berada pada posisi diberikan ‘mandat’ untuk melakukan suatu proyek namun kamu menolaknya karena merasa tidak mampu ? Merupakan suatu kesalahan besar jika kamu sudah dipercaya untuk mengerjakan sesuatu namun kamu tidak mau mencoba kemampuanmu untuk menyelesaikan hal tersebut.  Inilah salah satu hal yang membuatmu tidak berkembang, setiap keputusan tentu memiliki resiko begitu juga dengan suatu proyek/tugas. Resikonya hanya dua berhasil atau gagal, berani mengambil resiko merupakan salah satu faktor yang membuatmu berkembang. Jika kamu mampu mengerjakan ini dengan baik tentu promosi jabatan dan kenaikan gaji bukanlah hal yang mustahil untuk kamu raih.

4.    Bimbang dengan Tujuan Hidup

Layaknya menjadi murid yang sedang menuntut ilmu di bangku sekolah, setiap semester terdapat evaluasi yang dilakukan guru guna mengetahui perkembangan setiap anak. Tak jauh berbeda, seorang karyawan harus mampu mengevaluasi kinerjanya sendiri. Perbarui tujuan hidup minimal 5 tahun sekali, agar karir di pekerjaan mengalami peningkatan dan  tidak selalu berada di zona nyaman.

5.    Terlalu Nyaman di Posisi Sekarang

Beberapa karyawan memang menerapkan strategi berpindah – pindah pekerjaan untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari posisi sebelumnya. Hal ini wajar dilakukan karena tidak adannya promosi atau kenaikan gaji pada perusahaan sebelumnya. Bekerja pada situasi yang nyaman memang menyenangkan, namun jangan sampai membuatmu terlena karena usia, ketrampilan dan pengalaman kerja merupakan hal – hal yang dipertimbangkan untuk memperoleh promosi kerja.

Kelima hal diatas merupakan beberapa alasan yang membuat karirmu stagnat dan tidak ada perkembangan. Jika beberapa alasan diatas ada dalam dirimu, yuk segera berbenah dan buat karirmu menjadi lebih baik. Karena masa depanmu berawal dari perubahan baik yang ada dalam dirimu sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Alasan Mengapa Karirmu Selalu Jalan Di Tempat"

Post a Comment