Model Pembelajaran Inovatif Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Model Pembelajaran Mandiri Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD. -- Masalah utama dalam peningkatan kualitas pendidikan yang sering muncul adalah kurang optimalnya proses pembelajaran pada lingkungan pendidikan formal. Hal ini dapat diketahui dari rendahnya daya serap siswa yang berdampak pula terhadap rerata hasil belajarnya yang senantiasa masih sangat memprihatinkan.

Dalam arti yang lebih substansial, bahwa proses pembelajaran hingga dewasa ini masih memberikan dominasi guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dalam proses berpikirnya, (Trianto, 2009:5).

Belajar di kelas. src: freepik

Kondisi pembelajaran seperti ini, memang mampu membuat siswa menyajikan tingkat hafalan yang baik terhadap materi ajar yang diterima, namun kenyataannya siswa tidak memahami materi tersebut. Metode yang sering digunakan cenderung pada metode ceramah komunikasi satu arah.

Baca Juga : Standar Yang Dipersyaratkan Jadi Guru Profesional

Kecenderungan dalam penerapan metode ini memberikan dampak terhadap penyerapan materi yang sedikit oleh siswa terutama dalam pelajaran. Penyampaian materi kepada siswa dengan penerapan metode ini memberikan dominasi guru dan siswa hanya sebatas menjadi pendengar pasif. Hal ini berdampak terhadap kurangnya siswa dalam mengeksplorasi wawasan dan pengetahuan, sikap dan perilaku yang diperoleh sehingga menjadi tidak bermakna dan tidak bertahan lama.

Dalam pembelajaran khususnya pada bidang mata pelajaran IPA di sekolah dasar, proses pembelajaran secara umum hanya mengemukakan konsep-konsep dalam suatu materi. Guru hanya memberikan penjelasan secara umum, dan siswa diminta membaca buku dan menjawab soal sesuai dengan yang ada dalam buku teks tersebut. Keadaan ini menciptakan kurangnya interaksi antar siswa sehingga kelas menjadi terlihat pasif.

Hal ini sangat bertentangan dengan konsep pembelajaran IPA yang menekankan pada produk dan proses ilmiah melalui pembentukan sikap ilmiah siswa. IPA berasal dari bahasa Inggris “Science” perkataan singkat dari Natural Science. Natural artinya alamiah, berhubungan dengan alam atau bersangkut paut dengan alam. Science secara harfiah dapat disebut sebagai ilmu tentang alam ini, ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam, (Sudana, dkk, 2010:2).

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa sains atau IPA merupakan pengalaman individu manusia yang oleh masing-masing individu itu dirasakan atau dimaknai berbeda atau sama. Dalam pembelajaran IPA, siswa akan belajar mengenai konsep yang mempersatukan fakta-fakta dari pengetahuannya. Setelah itu siswa akan dapat membentuk prinsip dari konsep yang telah dikonstruksi yang kemudian akan menjadi hukum-hukumalam yang terdiri dari kumpulan prinsip.

Baca juga : Pelatihan Pembelajaran Matematika SD Plus Nilai Spiritual

Pengetahuan IPA yang menekankan pada pencarian konsep-konsep ilmiah siswa akan dapat memberikan wawasan yang dimiliki siswa tentang kategori, klasifikasi, dan hubungan antara dua atau lebih kategori atau klasifikasi-pengetahuan yang lebih kompleks dan tertata menjadi satu konsep yang utuh.

Guru sebagai tenaga pendidik harus kreatif dalam mengelola pembelajaran agar tercipta proses belajar yang aktif, efektif, dan tidak membosankan. Sehubungan dengan kinerja guru dalam mengajar, Sanjaya (dalam Susanto 2013:32) mengemukakan bahwa guru adalah komponen yang sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran. Keberhasilan implementasi suatu strategi pembelajaran akan tergantung pada kepiawaian guru dalam menggunakan metode, teknik, dan model pembelajaran.

Daftar Pustaka :

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sudana, Dewa Nyoman, dkk. 2010. Bahan Ajar Pendidikan SD. Singaraja: Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Model Pembelajaran Inovatif Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar"

Post a Comment