5 Kunci Bahagia Dan Semangat Kerja Meski Harus Work From Home

5 Kunci Bahagia Dan Semangat Kerja Meski Harus Work From Home. -- Pandemi Covid–19 yang telah berlangsung sejak bulan Desember di seluruh dunia kini masih menghantui banyak orang. Banyaknya jumlah korban membuat perekonomian serta kestabilan negara menjadi terganggu.

Masyarakat dunia terpaksa beraktivitas dengan cara baru, yaitu membatasi kegiatan di luar rumah dan bekerja dari rumah. Pada awalnya bekerja dari rumah (WFH) terlihat menyenangkan, selain bekerja kita juga dapat sambil memasak, bersantai  atau melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Bahagia WFH dengan Ngopi

Namun, setelah melaksanakan kegiatan bekerja dari rumah banyak hal yang tidak seperti dibayangkan. Biasa berkomunikasi secara langsung dengan rekan satu tim maupun dengan klien, kini semua harus dilakukan dengan media aplikasi chatting, zoom atau webinar. Meski mempermudah, namun bekerja dengan sistem work from home ini ternyata menimbulkan beberapa permasalahan salah satunya keadaan psikis para pekerja.

Baca Juga : Kartu Pra Kerja, Dapatkah Menyelamatkan Nasib Masa Depan Anak Bangsa?

Banyak pelaku Work From Home mengaku kini mengalami stress dikarenakan pekerjaan yang semakin menumpuk, kurangnya sosialisasi, mobilitas yang kurang, serta aspke – aspek lainnya. Karena itu diperlukan 5 kunci, agar bekerja membuat bahagia dan tetap semangat meski dilakukan dari rumah.

1. Jangan Bekerja 24/7

Meskipun Work From Home bukan berarti kamu harus bekerja sepanjang hari lho ! Buatlah jadwal kerja yang dapat kamu sesuaikan dengan kegiatan atau pekerjaan rumahan yang bisa kamu kerjakan. Misalnya, kamu mulai bekerja pukul 09.00 maka usahakan bangun 2 jam sebelumnya, mulailah dengan olahraga ringan dan juga sarapan.

Setelah itu mandi dan siap untuk bekerja. Kemudian berikan jeda 1 – 2 jam untuk istirahat, bisa dengan bersantai sejenak di teras, main game sambil makan siang atau menonton berita. Pastikan pekerjaanmu selesai kurang dari pukul 17.00 setelah itu lupakan masalah pekerjaan dan lakukan hal – hal yang berhubungan dengan dirimu sendiri.

2. Ciptakan Ruang Kerja Yang Nyaman
Saat bekerja memang dianjurkan berada di tempat yang menunjang pekerjaan tersebut. Kamu dapat mengunakan sudut kamarmu, letakan laptop, kertas dan pena untuk menunjang pekerjaan. Atau jika kamu ingin sedikit lebih santai bisa juga membuat tempat kerja di teras rumah, atau sudut rumah lain yang kamu sukai. Pastikan saat jam kerja kamu memberitahu anggota keluarga lain untuk memberikan kamu waktu sendiri dan berkonsentrasi.

3. Tetap Berkomunikasi dengan Orang Lain
Meski dituntut untuk tetap berinteraksi dengan rekan kerja maupun klien melalui komunikasi via online namun ada baiknya kamu juga berinteraksi secara offline. Saat penat dengan pekerjaan, mengobrol dengan anggota keluarga lain juga merupkan salah satu alternatif menghilangkan kepenatan. Aktif di grup pertemanan juga merupakan cara jitu untuk mengusir stress dan meningkatkan mood booster.

4. Membuat Target Pekerjaan
Setelah lama bekerja dari rumah (WFH) kamu pasti merasa penat dan bosan. Agar tetap produktif dan semangat dalam bekerja tetapkan target baru yang ingin kamu capai. Misalnya, jika kamu mendapatkan bonus atau promosi setelah pandemi mereda kamu bercita – cita untuk berlibur ke tempat yang kamu impikan. Atau dengan WFH uang yang seharusnya untuk biaya transportasi bisa kamu alokasikan untuk membeli barang yang kamu sukai.

Baca Juga : 5 Langkah Pintar Menyelamatkan Gaji di Tengah Pandemi Covid - 19

5. Bersyukur Masih Dapat Bekerja

Kondisi perekonomian di Indonesia yang melemah membuat banyak perusahaan terpaksa merumahkan banyak karyawannya. Karena itu jika saat ini kamu masih bekerja dari rumah (WFH) tentu sangat tidak bijaksana jika mengeluh dan merasa terbebani. Bersyukur merupakan salah satu kunci agar tetap bahagia dan bersemangat. Karena di situasi ini kamu masih dapat memperoleh penghasilan meski bekerja dengan keterbatasan yang ada.

Yuk, mulai beradaptasi dengan cara hidup dan bekerja dengan sistem yang baru. Dalam situasi apapun tetap semangat dan terus berkarya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kunci Bahagia Dan Semangat Kerja Meski Harus Work From Home"

Post a Comment