5 Langkah Pintar Menyelamatkan Gaji di Tengah Pandemi Covid - 19

5 Langkah Pintar Menyelamatkan Gaji di Tengah Pandemi Covid - 19. -- Apakah anda merupakan salah satu dari ribuan pekerja yang terkena imbas dari Covid – 19 ? Tak hanya dibidang kesehatan, pandemi ini juga sangat berpengaruh terhadap keadaan ekonomi di berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

Keputusan untuk membuat para pekerja bekerja dari rumah cukup menganggu kestabilan dari suatu perusahaan. Produktivitas yang menurun serta jumlah mobilitas dan penjualan yang berkurang membuat cash flow perusahaan menjadi terganggu.

Beberapa keputusan pun akhirnya diambil oleh perusahaan, mulai dari menangguhkan insentif/bonus, memotong uang transport dan uang makan hingga pemutusan hubungan kerja. Jika salah satu dari hal tersebut sedang anda alami saat ini, ada baiknya untuk segera menyusun strategi dan langkah pintar untuk menyelamatkan gaji agar dapat bertahan selama pandemi masih berlangsung.


1. Memotong Anggaran Belanja Bulanan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah penghematan terhadap anggaran belanja anda. Selama gaji belum stabil, ada baiknya untuk menahan diri terhadap keinginan berbelanja baju, barang elektronik maupun barang yang tidak tergolong kebutuhan pokok. Rubah gaya berbelanja anda dengan mengutamakan bahan pokok seperti beras, makanan instan, buah serta vitamin saja. Kurangi membeli makanan pemenuh hasrat anda seperti junk food, minuman kekinian dan makanan yang sedang promo. Dengan menghemat 10 % saja dari anggaran belanja anda dapat mengalihkan untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

2. Menyelamatkan Investasi
Langkah kedua adalah dengan membuat list daftar investasi yang anda miliki. Pada kondisi seperti ini jangan berharap ada mendapat keuntungan dari investasi anda, karena itu ada baiknya meski sedang dalam posisi merugi biarkan investasi tersebut hingga pasar kembali pulih. Tahan uang anda untuk berinvestasi kembali, lebih baik simpan dalam rekening agar sewaktu – waktu dapat diambil jika akan digunakan untuk keperluan mendesak.

3. Memangkas Biaya Hiburan
Langkah ketiga adalah pemenuhan kebutuhan akan hiburan. Karena menerapkan social distancing tentu hal ini sudah sangat membantu untuk memangkas biaya rekreasi. Namun, bukan berarti tidak bisa boros untuk anggaran hiburan ya, pemakaian internet berlebih merupakan suatu bentuk pemborosan. Mari siasati dengan mengunakan paket internet yang sudah termasuk biaya telepon dan tv kabel. Sementara bekerja di rumah tidak perlu membeli kuota internet telepon, cukup gunakan paket internet yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

4. Mencari Pemasukan Tambahan
Langkah keempat adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Memiliki banyak waktu luang di rumah bisa digunakan untuk menambah kreativitas dan juga menghasilkan pendapatan tambahan. Membuat resep minuman dan makanan baru kemudian dijual dengan sistem penjualan online merupakan tren terbaru di tengah pandemi Covid – 19 ini. Penjual dan pembeli cukup mengandalkan sistem pengataran online untuk mempermudah transaksi.

5. Mengunakan Waktu Untuk Memperbaiki Barang
Tinggal seharian di rumah tentu saja membuat jenuh dan juga bosan. Saat pekerjaan utama anda telah terselesaikan tidak ada salahnya untuk memberikan sedikit perhatian terhadap sekitar anda. Memperbaiki taman yang rusak, cat tembok yang terkelupas atau baju yang sobek dapat dikategorikan sebagai bentuk penyelamatan gaji anda lho ! Jika anda bisa kerjakan sendiri, anda tidak perlu membuat pengeluaran ekstra untuk melakukan hal tersebut. Cukup hemat bukan?

Saat ini kita semua memang tengah diuji untuk dapat bertahan dalam keadaan yang sulit. Karena itu demi tetap hidup layak dan berkecukupan, kita perlu membuat stratergi pintar agar gaji yang kita miliki dapat kita alokasikan dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Langkah Pintar Menyelamatkan Gaji di Tengah Pandemi Covid - 19"

Post a Comment