Pentingnya Investasi Sejak Dini Supaya Hidup Mandiri di Hari Tua

Pentingnya Investasi Sejak Dini Agar Hidup Mandiri di Hari Tua. -- Hayo... siapa yang waktu kecil kalau dikasih uang saku sisannya disuruh ditabung ? Tanpa kita sadari, sejak kecil kita sudah dilatih dan diajarkan investasi dalam bentuk tabungan.

Menabung atau berinvestasi merupakan suatu kebiasaan yang harus ditanamkan dan dilatih sejak kecil. Hal ini akan membetuk kepribadian seseorang menjadi lebih menghargai uang dan hemat. Tak hanya dapat beriventasi dalam bentuk uang, investasi terdiri dari berbagai macam jenis. Yuk, kita kenali satu demi satu.

Apa Itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan menempatkan sejumlah uang (penanaman modal) dalam periode tertentu guna mendapat keuntungan dimasa mendatang. Jika dahulu, istilah investasi dikenal pada penanaman modal di perusahaan besar namun kini investasi juga banyak dilakukan oleh perorangan.

Penting gak sih investasi untuk anak muda?

Banyak orang mengira jika Investasi baru bisa dilakukan jika memiliki pendapatan lebih dari cukup. Namun, investasi sebenarnya sangat baik jika dilakukan saat telah memiliki pendapatan tetap (gaji). Hal ini dikarenakan beberapa hal berikut ini :

• Anak Muda tidak suka membeli assets
Dibanding membeli assets untuk jangka panjang, anak muda lebih suka membeli barang konsumsi. Ponsel model terbaru, baju bermerk terkenal atau nongkrong di tempat mewah dirasa lebih penting dibandingkan membeli emas, atau membeli saham.

• Tidak memikirkan dana pensiun
Anak muda cenderung memiliki pemikiran jangka pendek, mereka hanya memikirkan keungan dalam jangka 1 sampai 5 tahun kedepan namun tidak memikirkan bagaimana keuangannya kelak jika memasuki usia senja.

Manfaat Investasi Bagi Anak Muda

Saat berusia muda dan produktivitas tinggi adalah saat yang paling tepat untuk berinvestasi. Alasan yang mendasari hal tersebut adalah :

• Nilai Assets Semakin Meningkat
Berinvestasi adalah memperoleh keuntungan dari pengelolaan dana yang membutuhkan jangka waktu tertentu. Karena itu jika dilakukan saat masih muda dan terus dikekola sampai masa tua maka hasil yang diperoleh pun akan semakin menguntungkan.

• Menambah Sumber Penghasilan
Meski tidak disarankan untuk digunakan sebagai dana konsumsi, namun keuntungan dalam berinvestasi dapat digunakan sebagai tambahan penghasilan. Bahkan dapat dipilih investasi yang mampu memberikan penghasilan tambahan secara berkala. Sehingga dapat menjadi pasif income setiap bulannya.

• Mempersiapkan Tabungan Masa Depan
Tidak semua orang beruntung dapat bekerja ditempat yang memberikan tunjangan pensiuanan. Bagi para wirausahawan dana pensiun justru harus disiapkan oleh diri sendiri. Karena itu investasi penting untuk mempersiapkan tabungan masa depan. Jangan sampai ketika masuk usia senja kita bergantung secara financial terhadap orang lain.

Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Anak Muda

Bagi anak muda yang telah siap dan sadar akan investasi sebaikknya mengerti benar jenis investasi yang harus dimiliki. Beberapa jenis investasi yang cocok untuk anak muda adalah :

• Emas / Logam Mulia
Bagi para pemula dan memiliki penghasilan setingkat ‘junior employment’ ada baiknya untuk memulai investasi dalam bentuk emas. Emas disini dapat dibeli dalam bentuk perhiasan atau tabungan emas, investasi ini terbilang sangat aman dan tidak akan rugi. Karena emas memiliki nilai yang stabil, tidak busuk dan tidak akan berkarat.

• Deposito
Deposito merupakan tabungan berjangka yang akan memperoleh keuntungan setelah selesai masa kontrak. Setiap bank memiliki sistem deposito yang berbeda, ada yang menetapkan untuk jangka 1 hingga 10 tahun. Dan jumlah nominal yang disetorkan pun dapat disesuaikan dengan keadaan ekonomi nasabah.

• SahamJika banyak orang berpikir saham hanya bisa dibeli oleh perusahaan – perusahaan besar hal itu merupakan hal yang salah. Kini banyak anak muda yang tertarik menyertakan danannya dalam bentuk saham. Meskipun memiliki resiko yang cukup besar, namun memantau pergerakan saham merupakan salah satu kegiatan yang megasyikan.

Seperi inilah gambaran mengenai investasi bagi anak muda. Meskipun memiliki penghasilan yang belum stabil, namun mengalokasikan sebagian pendapatan untuk berinvestasi merupakan cara pinta mengatur keuangan dimasa depan. Dari total pendapatan sebaiknya alokasikan dana sebesar 50 % untuk konsumsi, 30 % pembiayaan dan lain – lain serta 20% untuk investasi. Karena mempersiapkan hari tua tentu lebih baik jika dilakukan sejak dini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Investasi Sejak Dini Supaya Hidup Mandiri di Hari Tua"

Post a Comment