Pengertian Gamifikasi dan Perbedaan Istilah dalam Gamifikasi

Pengertian Gamifikasi dan Perbedaan Istilah dalam Gamifikasi -- Sebuah istilah baru dalam pembelajaran yang menjelaskan tentang Permainan atau game yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Definisi Gamifikasi

Menurut Kapp, gamifikasi adalah “menggunakan mekanika berbasis game, estetika, dan pemikiran game untuk melibatkan orang, memotivasi tindakan, mempromosikan pembelajaran, dan memecahkan masalah.” (Kapp, 2012)

Gamifikasi adalah penggunaan pemikiran, pendekatan, dan elemen permainan dalam konteks yang berbeda dari permainan. Menggunakan mekanisme permainan meningkatkan motivasi dan pembelajaran dalam kondisi formal dan informal (GamifyingEducation.org).

Berbagai definisi tumpang tindih dan dapat diringkas sebagai berikut: Gamifikasi adalah integrasi elemen permainan dan pemikiran permainan dalam aktivitas yang bukan permainan.

Game memiliki beberapa fitur khas yang memainkan peran kunci dalam gamifikasi:

  • Pengguna adalah semua peserta – karyawan atau klien (untuk perusahaan), pelajar (untuk institusi pendidikan);
  • Tantangan/tugas yang dilakukan pengguna dan kemajuan menuju tujuan yang ditetapkan;
  • Poin yang diakumulasikan sebagai hasil dari pelaksanaan tugas;
  • Level yang dilewati pengguna tergantung pada poin;
  • Lencana yang berfungsi sebagai hadiah untuk menyelesaikan tindakan;
  • Peringkat pengguna menurut prestasi mereka

Perbedaan antara Gamifikasi dan Games Serius

Ada beberapa istilah dan konsep yang memiliki kesamaan - gamifikasi, desain yang terinspirasi game, game serius, simulasi, dan game. Batas-batas di antara mereka tidak jelas.

Desain yang terinspirasi dari game (Game inspired design) adalah penggunaan ide dan cara berpikir yang melekat pada game. Desain yang terinspirasi game tidak mengekspresikan dalam menambahkan elemen game, melainkan menggunakan desain yang menyenangkan.

Gamifikasi adalah penggunaan metafora game, elemen game, dan ide dalam konteks yang berbeda dari game untuk meningkatkan motivasi dan komitmen, serta memengaruhi perilaku pengguna (Marczewski, 2013).

Game serius adalah game yang dirancang untuk tujuan tertentu terkait dengan pelatihan, bukan hanya untuk bersenang-senang. Mereka memiliki semua elemen permainan, mereka terlihat seperti permainan, tetapi tujuannya adalah untuk mencapai sesuatu yang telah ditentukan sebelumnya.

Simulasi mirip dengan permainan serius, tetapi mereka mensimulasikan hal-hal dunia nyata dan tujuannya adalah pelatihan pengguna di lingkungan yang menyerupai kehidupan nyata. Game mencakup semua yang disebutkan di atas dan dirancang untuk hiburan. Semua konsep yang disebutkan di atas memiliki satu kesamaan – mereka menggunakan elemen yang melekat dalam game dan tujuannya adalah untuk mendukung pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan pengguna

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gamifikasi dan Perbedaan Istilah dalam Gamifikasi"

Post a Comment