Ini Dia Twitter 2.0, Versi Baru Twitter Garapan Elon Musk

Ini Dia Twitter 2.0, Versi Baru Twitter Garapan Elon Musk -- Elon Musk mengakuisisi Twitter dari sejak akhir Oktober 2022, Elon Musk melakukan cukup banyak gebrakan setelah akuisisi tersebut, mulai dari optimasi sumber daya, merilis subscription program centang biru, sampai rencana membuat 3 macam warna badge centang Twitter.

Elon Musk juga menyebut pengumuman Twitter versi 2.0 ini dari 3 Desember 2022 kemarin. Kalau dilihat dari sisi teknologi, 2.0 tentunya memiliki pembaruan dibandingkan dengan versi original. Lalu seperti apa Twitter 2.0 sebenarnya dan seberapa besarnya perubahan Twitter 2.0? simak ulasan lebih jelasnya di bawah ini.

  

Perlindungan dan Promosi Percakapan Publik

Salah satu tujuan dari Twitter terbaru ini adalah baik itu melindungi atau pun mempromosikan percakapan publik. Situs web dan aplikasi yang memiliki logo burung satu ini mempunyai tujuan sebagai alun-alun kota yang berbentuk internet.

Jadi dengan Twitter ini, semua orang dapat dengan bebas mengeluarkan pendapat dan berbicara dengan aman. Segala fitur yang disediakan Twitter juga dibuat sebisa mungkin nyaman. Agar bisa mendapatkan tujuan tersebut, tentu tidak mudah, Twitter dalam meraih tujuan tersebut, berencana memberi tiap pengguna kekuatan dan keleluasaan untuk berkreasi, berbagi informasi dan sebagainya, tanpa hambatan dan secara instan.

Twitter menambahkan juga kalau sekarang ini, mereka merupakan perusahaan baru dan sedang memulai babak yang baru. Meski begitu Twitter berjalan dengan masih tetap memegang komitmen terhadap esensi promosi atau pun perlindungan percakapan publik yang sudah disebutkan sebelumnya.

Modifikasi Eksperimen Publik

Sesuai laman resmi Twitter, Twitter menyebut kalau hal yang terdapat perubahan di dalamnya yaitu pendekatan terhadap eksperimen, hal tersebut terlihat seperti selama beberapa waktu terakhir ini. Jadi, Twitter sudah cukup banyak melakukan pengujian secara publik.

Misal saja, mulai dari penggunaan badge yang berwarna abu-abu, sampai urusan pengembalian beberapa akun Twitter yang sebelumnya pernah kena suspend. Tujuan pendekatan inovasi Twitter tersebut dilakukan secara transparan atau terbuka.

Hal ini diterapkan Twitter karena agar mereka dapat lebih cepat lagi bergerak, Twitter bisa juga lebih optimal mengumpulkan feedback/ umpan balik secara realtime dari para user Twitter. 

Data-data ini pun yang nantinya digunakan untuk kembali memperbaiki sistem Twitter, sehingga tidak heran kalau akhir-akhir ini terdapat banyak gangguan, karena trial-error yang diterapkan pada aplikasi Twitter.

Terdapat 5 Janji Dari Twitter 2.0 Untuk Para Penggunanya

Pihak Twitter juga menjanjikan 5 macam hal untuk para penggunanya selain modifikasi dengan eksperimen publik dan pengoptimalan percakapan publik.

Ini dia bahasan lebih jelasnya mengenai 5 macam janji yang akan dihadirkan Twitter 2.0.

  • Kebijakan

Sebenarnya tak ada kebijakan dari Twitter yang berubah. Bisa dibilang pendekatan Twitter terbaru terhadap penegakan aspek-aspek kebijakan lebih bergantung kepada amplifikasi kembali konten yang termasuk melanggar.

Twitter terbaru tetap mendukung kebebasan berbicara, tapi bukan benar-benar bebas mendapat jangkauan akses.

  • Keamanan

Tim keamanan bekerja keras menjaga keamanan aplikasi atau platform mereka dari berbagai hal, mulai dari perilaku yang mengarah ke kebencian, perilaku user yang kasar, atau pun pelanggaran aturan dasar dari Twitter yang lainnya.

  • Moderasi konten

Ada lagi janji lainnya yang dicanangkan Twitter 2.0 yaitu Twitter akan memastikan bahwa setiap moderator konten mempunyai panduan yang diperlukan agar bisa menemukan atau pun mengatasi konten tertentu yang melanggar.

  • Antisipasi terhadap ancaman baru

Twitter 2.0 juga berfokus terhadap antisipasi terhadap bentuk-bentuk ancaman, tim ahli platform Twitter berjanji akan selalu beradaptasi agar bisa melakukan identifikasi dan menjinakkan berbagai ancaman yang kemungkinan akan muncul.

Cara-cara terbaru diterapkan Twitter untuk kebutuhan tersebut agar hasilnya semakin maksimal..

  • Transparansi

Lalu yang terakhir adalah transparansi, Twitter berjanji akan berkomunikasi dengan cara terbuka bersama pelanggan/ user agar mendapatkan feedback terbaik yang bisa membangun. Harapan Twitter yaitu selanjutnya mereka bisa mewujudkan cita-cita sebagai alun-alun digital.

Itulah beberapa konsep atau perubahan pada platform Twitter 2.0, Elon Musk sebelumnya menjanjikan kalau ia hendak merilis versi Twitter terbaru pada tanggal 4 Desember tapi kemudian meralatnya, Elon Musk menyebut kalau Twitter 2.0 butuh lebih lama waktu untuk menjadi lebih sempurna. 

 Penulis: Bagus Satrio Pinandito

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Twitter 2.0, Versi Baru Twitter Garapan Elon Musk"

Post a Comment