Fitur Canggih Telegram Yang Bisa Kamu Manfaatkan Untuk Keperluan Edukasi

Fitur Canggih Telegram Yang Bisa Kamu Manfaatkan Untuk Keperluan Edukasi -- Kegiatan belajar-mengajar sekarang ini bisa terlaksana lebih mudah lewat bantuan teknologi yang semakin canggih, terdapat banyak jenis tools yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran ini, salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tersebut yaitu Telegram.

telegram bot 3

Telegram yang dirilis dari 2013 ini memiliki fitur-fitur canggih yang akan memudahkan pengajar dan murid, lalu seperti apa saja fitur yang dimaksud tersebut, simak bahasan lebih jelasnya berikut ini.

Reminder

Salah satu fitur Telegram yang bisa dimanfaatkan yaitu Telegram. Kalau ada dari kamu yang sering lupa, maka fitur Telegram satu bisa menjadi sahabatmu sehari-hari. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pengumpulan tugas, bisa juga untuk hal lain yang harus diingatkan.

Untuk memakai fitur ini, pengguna Telegram cukup memasang saja "reminder" di Telegram. Lalu caranya bagaimana untuk memakai fitur ini? Pengguna Telegram tinggal menulis pesan pada Saved Messages, selanjutnya tekan lama tombol kirim, dan atur pengingatnya. Kamu bisa menggunakan juga @SkeddyBot jika ingin membuat pengingat yang berulang secara otomatis.

File Converter Bot

Ada salah satu hal penting yang perlu disiapkan saat mengirim materi baik itu dari murdi ke pengajar atau pun pengajar ke muridnya yaitu file. Beberapa guru biasanya ingin file yang berbentuk pdf, tapi ada yang menerima file docx juga.

Kalau kamu kesulitan mengubah file tugasmu, maka kamu tinggal coba kirim file tugas tersebut ke dalam @newfileconverterbot. Fungsi bot tersebut yaitu mampu mendeteksi tipe file asli lalu kemudian bisa memilih mana jenis format untuk hasil konversinya.

Fitur satu ini tentu sangat berfungsi juga saat kita melamar pekerjaan, mengisi formulir dan keperluan sebagainya.

telegram bot

Virtual Class - Video Chat

Kegiatan belajar dari sejak pandemi semakin sering bergeser ke linkgup virtual. Semakin banyak tentunya tugas dan materi pembelajaran yang dikirim memakai format visual dan audio baik itu dengan melalui virtual class live maupun dengan memakai video rekaman.

Virtual class dengan memakai video chat disediakan Telegram untuk dapat memfasilitasi hal seperti itu, pengguna Telegram bisa mengumpulkan tugas dalam bentuk audio/ visual melalui video chat lalu mengunggahnya ke dalam grup kelas di Telegram itu sendiri.

Grup kelas

Selanjutnya kita akan memahami lebih jelas seperti apa sistem grup kelas yang dimaksud pada poin sebelumnya. Bisa dibilang untuk fitur grup, Telegram mampu mengungguli WhatsApp. Grup di Telegram dapat menampung hingga 20 ribu anggota, Telegram juga bahkan mempunyai fitur project-based learning group yang dapat menampung sampai 200 orang.

Di dalam grup ini, kamu dapat mengelompokkan bahasan di dalam chat berdasarkan topik. Dengan seperti itu, catatan bisa tertata rapi dan mudah untuk dicari kembali. Kita bisa mengirim file berukuran besar bahkan sampai 2 GB.

Jika kamu sudah menjadi pengguna Premium di Telegram, maka kamu dapat mengirim file dengan ukuran lebih besar lagi yaitu 4 GB.

Konversi pesan audio

Melakukan transkrip audio merupakan hal yang terasa membosankan, kegiatan ini memakan waktu banyak juga. Kita nantinya harus fokus dalam mendengarkan rekaman sembari menulis di buku catatan dengan semaksimal mungkin agar bisa dicerna dengan baik.

Kalau kamu ingin lebih mudah, maka Telegram dapat membantu kamu untuk urusan tersebut, karena Telegram memiliki fitur konversi untuk pesan audio tersebut bahkan dari video juga bisa.

telegram bot 2

Hasilnya nanti akan menjadi tulisan atau dengan kata lain voice-to-text. Tapi yang harus pengguna Telegram ingat yaitu fitur ini tersedia untuk user Premium saja.

Tentunya masih ada banyak lagi fitur-fitur menarik yang disediakan Telegram, untuk beberapa fitur di atas biasanya dimanfaatkan para pengajar dan murid tetapi bisa digunakan juga untuk kalangan lainnya jika dirasa fitur tersebut bisa bermanfaat.

Makin hari makin banyak saja pengguna Telegram, hal tersebut tidak lepas dari lengkapnya dan bagusnya layanan atau pun fitur yang disediakan Telegram. Sangat sayang jika Telegram tidak digunakan untuk kebutuhan kita sehari-hari.

Dengan beberapa fitur Telegram di atas, tentunya kegiatan kita sehari-hari akan lebih mudah dan efisien, sekian dan semoga bermanfaat.

Penulis: Bagus Satrio P

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fitur Canggih Telegram Yang Bisa Kamu Manfaatkan Untuk Keperluan Edukasi"

Post a Comment