Konsep dan Pengertian Kelas Unggulan

Konsep dan Pengertian Kelas Unggulan -- Kelas unggulan adalah sejumlah siswa yang karena prestasinya menonjol dikelompokan dalam satu kelas khusus. Sistem pelaksanaan pembelajaranya dengan menerapkan kurikulum plus ditambah pendalaman materi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS dan beberapa ekstra kurikuler untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan para siswa.

Pembelajaran unggul dapat memudahkan dalam membina dan mengembangkan kecerdasan, keterampilan, kemampuan, bakat, minat, sikap dan perilaku siswa agar siswa memiliki indikator prestasi yang tinggi dan unggul sesuai dengan potensinya.

Pembelajaran unggul dikelas unggulan bertujuan (1) mempersiapkan siswa yang cerdas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki budi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta sehat jasmani dan rohani.(2) memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata normal untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa. (3) memberikan kesempatan kepada siswa agar lebih cepat mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan sesuai dengan perkembangan pembangunan. (4) memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi baik. (5) mempersiapkan lulusan kelas unggulan menjadi siswa yang unggul sesuai dengan perkembangan mental siswa.

Siswa Kelas Unggulan

Menjadi siswa yang dapat belajar dikelas unggulan merupakan suatu kebanggan dan kehormatan karena dipandang bahwa siswa kelas unggulan merupakan siswa yang mempunyai prestasi unggul dikelasnya. Anak yang berprestasi unggul sering dikaitkan dengan anak yang berbaktat.

Menurut Terman dalam Semiawan (1987:22-23) ada beberapa kecenderungan atau ciri-ciri umum yang sama pada anak bebakat intelektual. Ciri tersebut merupakan karakteristik anak berbakat intelektual yang menyatakan bahwa anak berbakat mempunyai keunggulan atau menonjol dalam hal: (1) kesiagaan mental (2) kemampuan pengamatan/observasi (3) keinginan untuk belajar (4) daya konsentrasi (5) daya nalar (6) kemampuan membaca (7) ungkapan verbal (8) kemampuan menulis (9) kemampuan mengajukan pertanyaan yang baik (10) menunjukan minat yang luas (11) memiliki ambisi yang kuat untuk mencapai prestasi yang baik (12) mandiri dalam memberikan pertimbangan (13) dapat memberi jawaban tepat dan langsung kesasaran (14) mempunjyai rasa humor tinggi (15) melibatkan diri sepenuhnya serta ulet menghadapi tugas yang diminati.

Baca Juga:

Konsep dan Pengertian Pembelajaran Unggul 

Masalah Yang Dihadapi Indonesia Dalam Penggunaan Teknologi Internet 

Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi

Melihat pada daftar panjang yang mengungkapkan karakteristik /ciri-ciri anak berbakat seolah-olah mereka hanya memiliki sifst-sifst yang positif saja. Namun demikian untuk dapat memasuki kelas unggulan seorang siswa harus lulus seleksi yang diadakan oleh sekolah. Mereka juga dinyatakan dapat memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk lolos ke kelas unggulan.

Melihat pada daftar panjang yang mengungkapkan karakteristik / ciri-ciri anak berbakat seolah-olah mereka hanya memiliki sifst-sifst yang positif saja. Namun demikian untuk dapat memasuki kelas unggulan seorang siswa harus lulus seleksi yang diadakan oleh sekolah. Mereka juga dinyatakan dapat memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk lolos ke kelas unggulan.

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh siswa-siswa kelas unggulan adalah sebagai berikut :

  1. Merupakan siswa berprestasi dikelasnya berdasarkan jumlah nilai raport.7. Lulus tes kemampuan akademik, psikologi dan kesehatan sesuai dengan alat seleksi yang terstandar. 
  2. Memiliki bakat dan minat serta prestasi yang unggul dikelasnya. 
  3. Mendapatkan ijin tertulis dari orang tua siswa yang isinya juga harus patuh mengikuti tata tertib penyelenggaraan kelas unggulan dengan disiplin yang ketat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep dan Pengertian Kelas Unggulan"

Post a Comment