Komponen Kelas Unggulan

Komponen Kelas Unggulan -- Untuk kelas unggulan dari setiap komponenya harus memiliki keunggulan dari kelas biasa, karena dari seluruh komponen tersebut diharapkan dapat menunjang siswa untuk lebih aktif belajar sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

Kurikulum

Kurikulum yang berlaku sacara nasional adalah merupakan program minimal. Oleh karena itu untuk kelas unggulan harus menambah kurikulum/kurikulum plus. Untuk itu dapat digunakan kurikulum berdiferensiasi pada kelas unggulan

Dari hasil seminar Nasional “alternative program pendidikan anak berbakat” dalam Munandar (1985:120) menyebutkan bahwa dalam pengembangan kurikulum anak berbakat harus ditempuh cara-cara berikut:

  1. Pengembangan bahan pelajaran. 
  2. Mengembangkan strategi belajar mengajar. 
  3. Menyusun sistem evaluasi yang sesuai. 
  4. Membuat program bimbingan dan penyuluhan yang efektif bagi anak-anak berbakat. 
  5. Pengembangan sistem administrasi dan supervisi pendidikan yang sejalan dengan strategi belajar mengajar dans istem evaluasi serta BP yamh dikembangkan. 
  6. Peningkatan kemampuan tenaga pendidikan /guru yang relevan dalam melaksanakan program mengajar. 
  7. Mewujudkan lingkungan belajar/sekolah yang dapat membantu pengembangan anak berbakat. 
  8. Melengkapi sarana, fasilitas pendidikan yang menunjang terwujudnya tujuan program tersebut. 
  9. faktor-faktor lainya yang menunjang terwujudnya program anak berbakat ini perlu dikembangkan secara nyata.

Materi

Artinya bahwa setiap materi yang ada dalam kurikulum harus diperdalam, diperkaya dan diperluas. Sehubungan dengan hal tersebut maka konsekuensinya akan ada tambahan waktu belajar.

Selain itu dengan bertambahnya alokasi waktu yang ada memberikan peluang kepada siswa kelas unggulan untuk mengembangkan bakat, minat,dan keterampilan seoptimal mungkin.

Bahan atau Sarana Pembelajaran

Mengenai bahan dan sarana pembelajaran, maka perlu melengkapi bukubuku sumber baik untuk pegangan siswa maupun guru. Buku-buku penunjang yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar juga perlu disediakan.

Begitu pula mengenai perabot, media pembelajaran dan sarana pembelajaran yang lain harus lebih memadai baik dari segi jumlah dan kualitasnya.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran, strategi, model-model belajar, tehnik dan pendekatan-pendekatan diharapkan diterapkan dengan tepat untuk mengaktifkan siswa kelas unggulan agar merangsang siswa berfikir untuk mengembangkan variasi pembelajaran yang cukup beragam.

Dalam melaksanakan pembelajaran unggul dikelas unggulan guru hendaknya memberikan perhatian khusus terhadap masing-masing individu. Siswa harus merata sehingga dapat memberikan layanan yang sesuai, baik belajar secara individual, kelompok atau klasikal.

Tugas-tugas pekerjaan rumah harus lebih disesuaikan dengan kehendak siswa untuk meningkatkan prestasinya. Umpan balikpun perlu seringkali dilakukan.

Evaluasi

Evaluasi hendaknya benar-benar dapat mendorong siswa untuk belajar. Baik dari segi alat evaluasi, proses evaluasi maupun tindak lanjut evaluasinya. Soal soal uraian lebih sering digunakan dan diutamakan untuk mengembangkan nalar siswa. Setiap hasil penilaian harus diberikan umpan balik dan tindak lanjut.

Didalam aktifitas penilaian hendaknya memperhatikah hal-hal sebagai berikut:

  • Alat penilaian dikelas unggulan mengutamakan tes uraian dalam ulangan harian dengan penyusunan soal memiliki tingkat kesukaran lebih tinggi. 
  • Standar nilai keberhasilan dalam setiap mata pelajaran siswa diharuskan mendapat nilai minimal 7 jika da yang belum mencapai dapat mengikuti remidi sebanyak dua kali. Bagi yang sudah maka dapat mengikuti program pengayaan. 
  • Syarat-syarat kenaikan kelas di kelas unggulan bagi siswanya jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Memiliki nilai rata-rata 8 untuk semua mata pelajaran. 
  2. Penilaian sikap dan tingkah laku siswa kelas unggulan mendapat perhatian khusus dan harus mempunyai kelebihan dari segi kejujuran, sopan santun, sosialisasi, kerajinan, kerapian, budi pekerti dan kemandirian. 
  3. Mempertimbangkan keaktifan dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang ditetapkan sekolah dan dalam kegiatan sosial dilingkungan masyarakat.

 
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen Kelas Unggulan"

Post a Comment