Pentingnya Peran Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga

Pentingnya Peran Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga -- Anak, Keluarga dan masyarakat merupakan tiga hal yang saling berkaitan, di antara tiga hal itu, keluarga mempunyai kedudukan kunci dan central. Tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga bukan hanya penerus keturunan, akan tetapi keluarga juga pembentuk kepribadian. Pada dasarnya setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, dan untuk  mengembangkan fitrah tersebut dalam upaya untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan, di butuhkan bimbingan dan pengarahan dari Orang Tua, yaitu melalui proses pendidikan. Para ahli didik umumnya menyatakan Pendidikan keluarga merupakan Pendidikan yang pertama dan utama.  Dikatakan yang pertama karena dalam keluarga inilah anak pertama kali mendapatkan didikan dan bimbingan yaitu sejak usia bayi sampai mulai bersosialisasi dengan lingkungan luar keluarga, dan yang paling utama karena sebagian besar dari kehidupan anak adalah didalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak adalah pendidikan yang diberikan oleh keluarga.

Pandangan diatas didukung oleh hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim, yaitu :
ما من مو لو د الا ىو لد على الفطر ة فاء بوا ه ىهو د ا نه او ىنصرا نه ا و ىمجسا نه.  (رواه البخا رى و مسلم)
Artinya: “Tiada manusia dilahirkan kecuali dalam keadaan fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan dia Yahudi, Nasrani dan Majusi.” 

Hasan Langgulung yang mengutip dari buku Muis Sad Iman, memakai hadist diatas menjelaskan bahwa fitrah adalah potensi dasar yang baik, sebab pengertian menjadikan Yahudi, Nasrani dan Majusi itu adalah bermakna menyesatkan, maksudnya adalah bahwasanya kedua orang tualah yang merusak dan menyesatkan fitrah yang asalnya suci dan sepatutnya dibimbing kearah yang baik.  Karena itu, maka orang tua bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pertumbuhan kepribadian anak.

Untuk itu tugas utama keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai pondasi dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan. Islam sebagai agama sempurna mewasiatkan akan tanggung jawab, Sebagaimana yang terkandung dalam al-qur’an surat at-tahrim ayat 1, yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman perihalah dirimu dan keluargamu dari api neraka ….
Melalui ayat tersebut Islam mewajibkan orang tua untuk selalu memelihara anaknya dan memperhatikan pendidikannya. Ayat tersebut merupakan dasar pelaksanaan  Pendidikan dalam keluarga. Apabila Orang tua dapat mendidik anaknya dan dirinya sendiri dengan Agama Islam, maka ia akan terhindar dari siksa api neraka.

Dalam pendidikan keluarga, yang paling berperan didalamnya adalah kedua Orang tua, karena orang tua merupakan manusia yang terdekat dengan anak, baik secara fisik maupun psikologis. Karena, anak yang diperhatikan secara terus-menerus akan lebih jauh dan lebih baik tingkah lakunya daripada anak yang tidak diperhatikan secara intensif. Didalam Buku psikologi pendidikan karangan Sumardi Suryabrata dijelaskan bahwa “aktifitas yang disertai dengan perhatian intensif akan lebih sukses prestasinya dari pada memberikan perhatian secara spontan”.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Peran Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga"

Post a Comment