Hakikat Shalat Dalam Ajaran Agama Islam

Hakikat Shalat Dalam Ajaran Agama Islam -- Hakikat shalat adalah menghadapkan hati dan jiwa kepada Allah dengan cara yang dapat mendatangkan perasaan takut dan cinta kepadaNya, serta menumbuhkan dalam jiwa akan kebesaranNya. Dalam islam, Allah mewajibkan kaum muslim untuk melakukan shalat, hal ini sebagai pembeda antara yang mu’min dan yang kafir.
Fungsi shalat: Sholat sebagi dzikrullah (mengingat Allah), Shalat sebagai pencegah tindakan keji dan munkar, dan Shalat sebagai penghapus dosa. Tujuan shalat adalah untuk berdzikir kepada Allah dan supaya kita dapat menahan diri untuk melaksanakan perbuatan keji dan munkar. Hikmah shalat adalah mencegah perbuatan keji dan munkar, membangun hubungan antara manusia dengan Allah, sebagai cara untuk mengingat Allah, sebagai salah satu bentuk ketaqwaan kepada Allah, mampu bersikap sabar, terjaga kebersihan lahir dan batinnya.


Shalat juga mampu menumbuhkan sifat raja’ dalam diri seseorang, yaitu sifat mengharapkan sesuatu yang disenangi dari Allah SWT (mengharap shalatnya diterima oleh Allah). Shalat merupakan bentuk rasa syukur terhadap Allah atas segala nikmat yang telah diberikan sejak masih dalam rahim ibu. Shalat akan memunculkan sikap haya (rasa malu) dan rasa hormat.
Mengingat Allah SWT untuk menenangkan jiwa harus dilakukan secara konstan dan degan waktu yang teratur, sebagaimana ditegaskan dalam ayat berikut, “Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman” (QS. An Nisa: 103).
Ancaman bagi orang yang meninggalkan Shalat: dicabut keberkahan hidupnya, dihapus amal shalatnya, dicabut keislamannya, rizkinya tidak mendapat berkah, amalnya tidak mendapat pahala, do’a ditolak oleh Allah saat sakaratul maut, dicabut nyawanya dengan kasar, merasakan haus yang amat sangat, merasakan lapar yang amat sangat dalam kubur, badannya dihimpit bumi.

Dalam islam selain shalat fardhu dan sunnah, ternyata ada juga shalat yang disebut sebagai shalat wustha, yaitu shalat subuh dan slahat ashar.

Nama          : Amalia Maharani Putri
NIM           : 20161114059 / Semester III
Universitas : Universitas Muhammadiyah Surabaya / PG PAUD
 Judul         : REVIEW SHALAT DALAM ISLAM

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hakikat Shalat Dalam Ajaran Agama Islam"

Post a Comment