Karakteristik Sastra Sebagai Bahan Ajar Kemampuan Berbahasa

Karakteristik Sastra Sebagai Bahan Ajar Kemampuan Berbahasa. -- Sebagai bahan ajar, sastra memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bahan ajar bahasa yang lain, yaitu bahasa, struktur teks, isi pesan, isi pesan, aspek kejiwaan yang ditumbuhkembangkan dan strategi penangkapan isi teks yang diperlukan.

Bahasa teks sastra berisi konotatif atau kiasan dilihat dari aspek sematik (makna) yang dikandungnya, bersifat informal bila dilihat dari ragam bahasanya, banyak mengandung majas dan struktur bahasanya bersifat informal.

Dilihat dari isi pesan yang dikandungnya, teks sastra mengandung pesanpesan kemanusiaan. Namun pesan-pesan ini bersifat terselubung (tidak langsung), berbeda dengan pesan-pesan kemanusiaan yang dikandung dalam buku-buku agama dan Pendidikan Dilihat dari struktur teksnya, teks sastra mengandung unsur dominant : karakter tokoh (pelaku dalam cerita), alur (rangkaian peristiwa), peristiwa (satuan kejadian yang terjadi dalam cerita), setting (waktu dan tempat terjadinya peristiwa) dan sudut penceritaan (sudut pandang pengarang) Aspek kejiwaan yang ditumbuhkembangkan melalui membaca teks sastra ialah daya imajinasi, daya kreatif, dan lain-lain.

Kaitan Membaca dan Sastra

Fungsi karya sastra dalam mengembangkan kemampuan berbahasa dapat disebut sebagai nilai pendidikan. Banyak hasil pendidikan yang menunjukkan keefektifan karya sastra dalam mengembangkan kemahiran berbahasa.

Banyak sekali penelitian mengenai pembelajaran membaca menggunakan karya sastra. Ditemukan bahwa anak-anak memperoleh pembelajaran membaca yang tidak berdasarkan karya sastra. Bahkan laporan nasional mengenai peningkatan membaca di Amerika Serikat pada tahun 1992 menunjukkan bahwa anak-anak kelas empat sekolah dasar yang diajar oleh guru-guru yang menekankan penggunaan karya sastra sebagai materi pembelajaran membaca menunjukkan nilai rata-rata membaca yang lebih tinggi daripada mereka yang diajar oleh guru-guru yang kurang atau tidak memberikan penekanan pada penggunaan karya sastra untuk pembelajaran membaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Karakteristik Sastra Sebagai Bahan Ajar Kemampuan Berbahasa"

Post a Comment