Review Buku : Pendidikan Agama dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga Dalam Membangun Generasi Bangsa Yang Berkarakter



Judul              : Pendidikan Agama dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga Dalam
Membangun Generasi Bangsa Yang Berkarakter
Pengarang      : Dr. H. Moh. Haitami Salim, M.Ag
Tahun             : 2013
Halaman        : 312

Buku yang ditulis oleh Dr. H. Moh. Haitami Salim, M.Ag, ini mempertegas pentingnya peran keluarga dalam pendidikan agama bagi seorang anak.
Buku ini membahas tentang pendidikan agama islam. Secara formal dan informal, pendidikan agama maupun pendidikan keagamaan telah diatur oleh peraturan dan perundang-undangan. Untuk pendidikan agama secara informal tentu sangat tergantung kepada keluarga masing-masing, terutama orang tua.
Yang sudah kita ketahui, bahwa keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama dalam kehidupan anak, termasuk pendidikan agama karena dari keluargalah khususnya orang tua anak akan mendapatkan pendidikan untuk pertama kalinya serta menjadi dasar perkembangan anak dan kehiudpan di masa yang akan datang.Keluarga memeberikan peran yang sangat besar untuk penbentukan tingkah laku, watak, moral dan pendidikan anak.
Orang tua biasa disebut  sebagai pendidikan utama dan pertama bagi anak-anak mereka. Dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan. Oleh karena itu, bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam kehidupan keluarga.
Pendidikan agama mempunyai peran ganda, pada satu sisi berperan sebagai ikhtiar untuk menanamkan nilai-nilai spiritual. Sementara disisi lain menjadi pendorong meraih hidup bahagia dan sejahtera. Peran ganda ini merupakan bagian dari cita-cita pendidikan agama untuk melahirkan manusia yang dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat. Maka untuk memenuhi peran tersebut, idealnya pendidikan agama perlu diintegrasikan mulai dari struktur sosial yang paling kecil, yaitu keluarga.
Pendidikan agama dalam lingkungan keluarga bertujuan untuk memeberikan pengetahuan agama, memperkuat keimanan, mendidik dan membiasakan berakhlak yang baik sertav memberikan ketrampilan dalam hidupnya nanti.
Seperti yang diuraikan pada buku ini, dijelaskan bahwa pendidikan agama yang dilakukan secara tertib atau bersungguh-sungguh di rumah dalam lingkup keluarga, terutama untuk menanamkan nilai-nilai ajaran agama dan pembentukan sikap serta kepribadian akan menjadi bantuan terhadap pembentukan karakter bangsa. Melalui sikap yang positif dapat dibiasakan dalam lingkungan keluarga khususnya orang tua. Conothnya seperti, dari kesadaran beragama dengan keimanan yang kuat, melaksanakan ibadah dan sosial, disiplin, kerja keras, gotong royong, berkata dan berperilaku yang sopan santun, menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih mudah, dan lain sebagainya.
Buku yang ditulis Moh. Haitami Salim ini menjadi penting karena memberikan penjelasan, peutunjuk, dan bimbingan mengenai pelaksanaan pendidikan agama dalam keluarga. Di masing-masing bab ada beberapa gagasan, pandangan dan penjelasan yang di uraikan semakin mempertegas argumen bahwa pendidikan agama islam yang dilakukan kepada anak di lingkungan keluarga merupakan usaha yang sangat penting dan baik dlam pembentukan karakter seorang anak. Karena keluarga merupakan akar bagi terbentuknya masyarakat, bangsa dan sebuah peradaban.
Secara umum pendidikan agama dalam lingkungan keluarga yang diuraikan dalam buku ini bertujuan untuk membimbing dan membina seorang anak agar menjadi seorang anak yang saleh dan salehah, berbakti kepada kedua orang tua, berguna bagi diri sendiri, keluarga dan di masyarakat sekitarnya. 
Buku karya Dr. H. Moh. Haitami Salim, M.Ag yang berjudul Pendidikan Agama dalam Keluarga : Revitalisasi Peran Keluarga Dalam Membangun Generasi Yang Berkarakter, membawa pencerahan bagi siapapun, bukan hanya di lingkung keluraga saja, tetapi buku ini juga sangat bagus untuk praktisi pendidik, kaum biokrat atau sebagaian orang awam.

Oleh : Audia Prita Islami

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Buku : Pendidikan Agama dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga Dalam Membangun Generasi Bangsa Yang Berkarakter"

Post a Comment