Resume Buku : Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Konsep dan Aplikasnya Dalam PAUD



KONSEP DASAR PENDIDIKAN KARAKTER
   A.    Makna Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter, terambil dari dua  suku kata yang berbeda, yaitu pendidikan dan karakter. Pendidikan lebih merujuk pada kata kerja, sedangkan karakter lebih pada sifatnya. Artinya melalui proses pendidikan tersebut, nantinya dapat dihasilkan sebuah karakter yang baik.
Pendidikan ialah suatu bentuk pembimbingan dan pengembangan potensi peserta didik supaya terarah dengan baik dan mampu tertanam menjadi kepribadiannya dalam kehidupan seharu-hari. Secara etimologi istilah karakter berasal dari bahasa Yunani, yaitu karasso yang berarti cetak biru, format, dasar, dan sidik seperti dalam sidik jari. Dalam hal ini  karakter diartikan sebagai sesuatu yang tidak dapat dikuasai oleh intervensi manusiawi.
Dari pemaran diatas, dapat dipahami bahwa pokok utama pendidikan karakter ialah suatu bentuk pengarahan dan bimbingan supaya seseorang mempunyai tingkah laku yang baik sesuai dengan nilai-nilai moralitas dan keberagaman.

    B.     Tujuan Pendidikan Karakter
Tujuan pendidikan karakter disini yaitu untuk mempersiapkan anak supaya mempunyai karakter yang baik, yang nantinya ketika anak dewasa sudah menjadi kebiasaan dalam kesehariaanya.
   C.     Manfaat Pendidikan Karakter
Manfaat pendidikan karakter diantaranya ialah menjadikan manusia agar kembali kepada fitrahnya, yaitu selalu menghiasi kehidupan dengan nilai-nilai kebajikan yang telah digariskan olehnya.
   D.    Prinsip-Prinsip Pendidikan Karakter
Menurut Sri Judiani sebagaimana dikutip oleh Zubaedi menyebutkan beberapa prinsip pendidikan karakter, diantaranya: Berkelanjutan, melalui semua mata pelajaran, nilai-nilai tidak diajarkan dan proses pendidikan dilakukan peserta didik dengan aktif dan menyenangkan.
   E.     Landasan Pendidikan Karakter di Indonesia
Berikut merupakan landasan-landasan pendidikan karakter diIndonesia: Agama, pancasila, budaya, tujuan Pendidikan Nasional.
   F.      Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Indonesia
Terdapat 18 nilai pendidikan karakter yang wajib diterapkan, antar lain: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerjakeras, kreatif,  mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
   A.    Konsep Islam tantang Anak
Islam memerintahkan untuk selalu memberikan pendidikan kepada anak, sebagai upaya pengembangan potensinya.
   B.     Masa-Masa Golden Ages
The Golden Ages adalah masa-masa keemasan seorang anak, yaitu masa ketika anak mempunyai banyak potonsi yang sangat baik untuk dikembangkan.
   C.     Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
Pertumbuhan lebih menekankan pada bertambahnya ukuran atau fisik seorang anak, sedangkan perkembangan lebih menitik beratkan pada psikis atau kejiwaan anak.
   D.    Karakter Dasar Anak Usia Dini
Berikut beberapa karakter dasar yang dimiliki oleh anak usia dini: bekal kebaikan, suka meniru dan bermain, serta rasa ingin tahu tinggi.

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Untuk mampu memahami kekhasan suatu pembelajaran, kata kuncinya adalah bahwa seseorang harus memahami karakteristik dan kebutuhan pembelajaran secara memadai serta menerapkan pembelajaran yang sesuai, diantaranya: pembelajaran berbasis kasih sayang, kebersamaan, ketauhidan, kemandirian, kreativitas dan lingkungan.

MENGELOLA KELAS BERBASIS BERMAIN DAN BERNYANYI
Disini diuraikan tentnag bagaimana pengelolaan kelas berbasis bermain dan bernyanyi, khususnya untuk AUD:
   A.    Konsep Pengelolaan Kelas
Dapat didenifisikan mengelola kelas ialah suatu upaya mengatur dan mengarahkan proses interaksi antara peserta didik dan pendidik dalam suatu tempat tertentu yang digunakan untuk melakukan kegiatan pembelajaran.
   B.     Tujuan dan Fungsi Pengelolaan Kelas
1.      Mendorong siswa mengembangkan tingkah lakunya sesuai tujuan pembelajaran.
2.      Membantu siswa menghentikan tingkah lakunya yang menyimpang dari tujuan pembelajaran.
3.      Mengendalikan siswa dan sarana pembelajaran dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan, untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4.      Membina hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran menjadi efektif.
   C.     Prinsip-Prinsip Mengelola Kelas
Berikut adalah beberapa prinsip dalam mengelola kelas, antara lain: menunjukkan sikap tanggap, memberi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberikan peunjuk yang jelas, menegur, memberi penguatan.
   D.    Macam-Macam  Permainan
Dari sekian permainan yang ada, Hurlock menggolongkannya menjadi 2 macam, yaitu bermain aktif dan pasif.
   E.     Faktor yang Mempengaruhi Permainan
Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi permainan anak, antara lain: Kesehatan, perkembangan motorik, intelegensi, jenis kelamin, lingkungan, status sosial-ekonomi, jumlah waktu bebas, peralatan permainan.

METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Metode pembelajaran adalah seluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah-langkah kegiatan pembeljaran termasuk pilihan cara penilaian yang akan dilaksanakan. Berikut 5 metode pembelajaran yang mampu memperkenalkan pendidikan  karakter sejak usia dini: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode bercerita dan metode karyawisata.

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Berikut adalah beberapa nilai-nilai  pendidikan karakter yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembeljaran pada AUD: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerjakeras, kreatif,  mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resume Buku : Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Konsep dan Aplikasnya Dalam PAUD"

Post a Comment