Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix)  -- Bauran pemasaran adalah satu dari sekian konsep yang paling universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran. Kebanyakan pembahasan mengenai pemasaran memusatkan perhatian sekitar 4 komponen kunci bauran pemasaran yang disebut empat P (P4).

Adapun penjabaran dari 4P tersebut menurut Kotler dan Amstrong yang diterjemahkan oleh Alexander Sindoro (2003:35), yang meliputi:

  • Product: Berarti kombinasi barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran
  • Price: jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk dapat memperoleh produk yang diinginkan.
  • Promotion: aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya
  • Place: mencakup aktivitas perusahaan untuk bisa menyediakan produk untuk konsumen sasaran

Untuk lebih memperjelas pembahasan mengenai bauran pemasaran, dibawah ini definisi menurut beberapa ahli mengenai bauran pemasaran:

Menurut Buchari Alma (2002:162):

"Bauran pemasaran (Marketing Mix) adalah strategi mencampur kegiatan-kegiatan agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang memuaskan"

Sedangkan menurut Kotler yang diterjemahkan oleh Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, dan Benjamin Molan, mengemukakan tentang bauran pemasaran yaitu: 

"Bauran pemasaran (Marketing Mix) merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasaran nya di pasar sasaran".

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka dapat diambil Suatu kesimpulan bahwa bauran pemasaran merupakan suatu strategi yang digunakan perusahaan dengan mengombinasikan inti dari sistem pemasaran yaitu produk harga saluran distribusi dan promosi guna pencapaian tujuan pemasarannya di dalam pasar sasaran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix) "

Post a Comment