Pengertian Pemasaran dan Konsep Pemasaran

Pengertian Pemasaran dan Konsep Pemasaran -- Pemasaran merupakan salah satu fungsi pokok bag perusahaan, Karena produk yang dihasilkan perusahaan haruslah dipasarkan hingga sampai pada tangan konsumen.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran berasal dari kata market yang berarti pasar, pasar dapat diartikan sebagai tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan transaksi atas tukar menukar barang. Sedangkan pengertian pasar secara lengkap adaalh semua pelanggan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan tertentu, bersedia dan mampu melibatkan diri dalam suatu pertukaran guna memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut.
Dari penjelasan diatas, berikut ini ada beberapa pengertian pemasaran menurut para ahli, yaitu: Menurut Buchari Alma (2004:2) mengemukakan definisi pemasaran sebagai berikut:
Pemasaran adalah suatu usaha atau kegiatan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen
Pendapat para ahli lainnya dikemukakan oleh Djaslim Saladin (2003:1) sebagai berikut:
"Pemasaran adalah sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi, distribusi barang-banrang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar serta tujuan perusahaan"
Adapun kesimpulan dari definisi di atas adalah pemasaran merupakan suatu aktivitas dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk dapat memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga dapat memenuhi keperluan dan keinginan konsumen serta mencapai pasar dan tujuan perusahaan.

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran dapat dipahami lebih lanjut dengan mendefinisikan beberapa konsep inti berikut, menurut pemasaran inti terdiri dari: kebutuhan keinginan  dan permintaan, produk, nilai, biaya dan kepuasan, pertukaran dan transaksi, pasar, pemasaran serta pemasaran. konsep tersebut diatas digambarkan dalam gambar sebagai berikut :
 

Berdasarkan gambar diatas tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

Kebutuhan, keinginan dan permintaan.

Ada perbedaan antara kebutuhan keinginan dan permintaan. kebutuhan menggambarkan tuntutan dasar manusia kebutuhan ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar namun sudah ada dan terukir dalam hayati serta kondisi manusia.
Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut titik sedangkan permintaan adalah keinginan akan suatu produk yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya. keinginan dapat menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli.

Produk

Setiap individu dapat memenuhi kebutuhannya dan keinginannya dengan barang dan jasa. produk didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Nilai dan Kepuasan

Produk atau tawaran akan berhasil jika memberikan nilai atau kepuasan kepada pembeli sasaran titik pembeli memilih diantara beranekaragam tawaran yang dianggap memberikan nilai yang paling banyak. nilai dapat diartikan sebagai rasio antara manfaat yang dirasakan terhadap harga. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada tingkat harga tertentu bila manfaat yang dirasakan konsumen meningkat maka nilainya meningkat pula.

Pertukaran dan Transaksi

Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi Kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran. pertukaran adalah salah satu dari empat cara orang mendapatkan suatu produk. pertukaran merupakan cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. pertukaran ini merupakan konsep dasar permintaan, agar terjadi pertukaran, ada 5 syarat yang harus dipenuhi:
  1. Sekurang-kurangnya ada dua pihak
  2. Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak lainnya.
  3. Masing-masing pihak dapat berkomunikasi dan menyerahkan sesuatu.
  4. Masing-masing pihak bebas untuk menerima atau menolak tawaran pertukaran
  5. Masing-masing pihak yakin bahwa bertransaksi dengan pihak lain adalah hal yang tepat dan diinginkan.
Terjadi atau tidaknya pertukaran Tergantung pada apakah kedua belah pihak sepakat mengenai syarat-syarat yang akan membuat keadaan kedua belah pihak menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Pasar

Pasar terdiri dari semua konsumen potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang mungkin bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut titik Dengan demikian besarnya pasar tergantung pada jumlah orang yang memiliki kebutuhan, mempunyai sumber daya yang diminati orang atau pihak lain, dan bersedia menawarkan sumber daya tersebut untuk ditukar supaya dapat memenuhi Keinginan mereka.

Pemasaran dan Pemasar

Pemasaran merupakan kegiatan manusia dalam hubungannya dengan pasal. yang dimaksud dengan pemasar adalah seseorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai.

Daftar Pustaka
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Djaslim Saladin, 2003. Intisari Pemasaran. Penerbit Linda Karya, Bandung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pemasaran dan Konsep Pemasaran"

Post a Comment