Selingkuh Financial, Sikap Tidak Jujur Yang Katannya Lumrah Dilakukan oleh Suami Istri

Selingkuh Financial, Sikap Tidak Jujur Yang Katannya Lumrah Dilakukan oleh Suami Istri. -- Apa itu pernikahan ? Yang banyak diketahui oleh banyak orang pernikahan adalah penyatuan dua kepribadian menjadi satu, dua keinginan menjadi satu serta dua keadaan financial menjadi satu pula.

Keadaan financial setiap pernikahan atau rumah tangga tidak akan pernah bisa sama. Hal ini dikarenakan penghasilan yang diperoleh berbeda serta kesepakatan cara pengelolaannya pun berbeda. Namun, permasalahan keuangan yang dihadapi dalam setiap pernikahan kuran lebih sama.

Saat masuk kedalam dunia pernikahan banyak pasangan yang memilih untuk menyerahkan urusan keuangan pada satu orang saja. Istri biasannya bertindak sebagai bendahara yang mengurus segala pengeluaran rumah tangga sedangkan suami bertugas untuk mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Suami yang bekerja merasa kewajiban yang ia miliki hanyalah memenuhi kebutuhan rumah tangga saja. Ketika sudah terpenuhi rejeki yang ia dapatkan merupakan hak ilik pribadinnya tanpa perlu diketahui oleh sang istri. Sikap inilah awal mula dimana selingkuh financial mulai terjadi dalam kehidupan pernikahan.

Disisi lain, istri yang bekerja juga mampu untuk melakukan hal yang sama. Istri bukanlah tulang punggung keluarga, sehingga jika ia memiliki penghasilan dari bekerja maka uang yang ia miliki ia anggap sebagai hak pribadinnya. Nah, disinilah selingkuh financial terjadi dimana suami tidak mengetahui berapa besar pendapatan istri serta kemana uang itu digunakan.

Ketidakjujuran Financial

Pernahkan ada mendengar, seorang suami membeli sebuah sepeda lipat baru secara online. Sepeda itu dipesan secara Pre – Order dan baru sampai setelah beberapa bulan kemudian setelah melakukan pembayaran melalui transfer. Ketika barang itu sampai di rumah sang istri tidak mengetahui baik kapan barang itu dipesan dan berapa hargannya. Dengan santai sang suami mengatakan, ‘ini barang sale kok, hargannya cuman Rp. 1.000.000’ . Kenyataannya barang tersebut dibeli dengan harga normal misalnya Rp. 4.000.000 dan dipesan secara khusus. Hal ini adalah salah satu contoh selingkuh financial yang kerap terjadi dalam pernikahan.

Begitu pula dengan istri, seorang istri tentu sangat tahu mengenai berpa jumlah pengeluaran dalam rumah tangga. Ketika ia memiliki uang lebih maka ia tidak akan ragu untuk membelanjakan  skin care seharga jutaan rupiah, tentu suaminnya tidak akan paham dengan harga produk tersebut. Toh, saat istri ditanyai ia hanya akan menyebut pada nominal yang jauh lebih rendah daripada itu. Contoh ini juga disebut dengan selingkuh financial yang dilakukan oleh seorang istri.

Kenapa ada selingkuh financial ?

Pada kenyataanya selingkuh financial tidak hanya dilakukan oleh seorang suami namun juga dilakukan oleh seorang istri. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal yang pernah terjadi sebelumnya.

  • Egois atau masih mementingkan keinginan pribadi dibandingkan keinginan pasangan atau keluarga
  • Tidak mau jujur kalau mempunyai kebutuhan pribadi yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan
  • Saat jujur ingin membeli sesuatu tidak mendapat dukungan dari pasagan, sehingga lebih baik berbohongan daripada kecewa kebutuhannya tidak terpenuhi.

Akibat Selingkuh Keuangan

  • Menimbulkan pertengkaran karena keinginan pribadi dan keuangan.
  • Semakin banyak kebohongan – kebohongan yang dilakukan sehingga rasa percaya terhadap pasangan berkurang
  • Keuangan tidak terkontrol, sehingga dapat mempengaruhi keuangan dalam rumah tangga.

Cara Menghindari Selingkuh keuangan

  • Kejujuran mengenai keuangan mulai dari hal terkecil hingga hal terbesar.
  • Merundingkan mengenai keinginan pribadi sampai pada titik kesepakatan
  • Menjadari bahwa meskipun terikat dalam pernikahan suami maupun istri merupakan individu yang memiliki keinginan pribadi diluar kebutuhan bersama.
Masalah Financial dalam suatu pernikahan merupakan masalah yang sensitif dan juga rumit. Modal utama dalam suatu pernikahan adalah kejujuran , setelah memutuskan untuk menikah keterbukaan dari hal terkecil sampai terbesar merupakan hal yang paling terpenting. Karena hal itu merupakan kunci dari rumah tangga yang sehat dan bahagia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selingkuh Financial, Sikap Tidak Jujur Yang Katannya Lumrah Dilakukan oleh Suami Istri"

Post a Comment