Manfaat dan Pentingnya Dana Darurat Untuk Menjaga Keuangan agar Stabil

Manfaat dan Pentingnya Dana Darurat Untuk Menjaga Stabilitas Keuangan. -- Dana darurat merupakan dana atau uang diluar investasi yang disimpan untuk digunakan sebagai kebutuhan tidak terduga. Banyak orang berangapan bahwa dana darurat bisa disamakan dengan tabungan, namun sebenarnya sedikit berbeda. Tabungan biasannya digunakan dengan tujuan tertentu misalnya untuk liburan, biaya pendidikan atau membeli properti. Sedangkan dana darurat memang diperuntukan untuk kebutuhan yang tidak direncanakan.

Pengeluaran Yang Membutuhkan Dana Darurat

PHK

Pemutusan hubungan kerja secara sepihak merupakan salah satu keadaan yang tidak terduga. Dalam keadaan seperti ini, memiliki dana darurat tentu akan membantu menstabilkan ekonomi selama belum mendapatkan pekerjaan kembali.

Kerusakan Rumah atau Kendaraan

Musibah dalam bentuk rusaknya fasilitas/properti yang kita miliki tentu tidak dapat dihindari. Dana darurat memiliki tujuan untuk menutupi pengeluaran diluar pengeluaran rutin setiap bulannya.

Kecelakaan atau Sakit

Meski telah memiliki asuransi, namun memiliki dana darurat akan sangat membantu saat berada dalam keadaan diluar kendali. Kecelakaan atau sakit membuat kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, dana darurat akan dapat diandalkan saat berada dalam keadaan seperti ini.

Jumlah Dana Darurat Yang Ideal

Setiap pribadi memiliki kriteria dana darurat yang berbeda dalam rekeningnya. Bukan dihitung berdasarkan dengan pendapatan setiap bulannya namun dihitung dari jumlah pengeluaran yang dikeluarkan setiap bulannya.

Single/belum menikah

Bagi pribadi yang belum menikah sebaiknya mempersiapkan dana darurat sebesar 3x pengeluaran setiap bulannya. Jumlah ini dianggap merupakan perhitungan yang paling ideal karena hanya menanggung diri sendiri.

Menikah belum memiliki anak

Sedangkan bagi yang sudah berumah tangga namun belum memiliki anak sebaikknya anggarkan 6x pengeluaran sebagai dana darurat. Karena dana darurat digunakan untuk menanggung kebutuhan tak terduga dua orang dalam satu rumah tangga.

Menikah memiliki satu anak

Menikah dan memiliki satu anak tentu akan lebih banyak lagi dana darurat yang dicadangkan. Sebanyak 9x dari pengeluaran setiap bulan merupakan titik aman dari dana tersebut.

Menikah lebih dari dua anak

Saat berada dalam keluarga yang besar, dalam rumah tangga tentu harus menyiapkan dana darurat yang besar. Minimal 12x dari pengeluaran akan dapat menutupi biaya yang tak terduga yang akan ditimbulkan.

Kriteria Perolehan dan Penyimpanan Dana Darurat

Dana darurat merupakan bentuk dana yang berbeda dengan tabungan , deposito atau investasi. Dana ini harus sudah dipersiapkan cara perolehannya dan juga penyimpanannya.

Sisihkan dari Gaji/pendapatan

Dana darurat dapat diperoleh dari menyisihkan atau memasukkan dalam anggaran bulanan. Jika dana sudah diperoleh sesuai dengan perhitungan biaya darurat yang dianggarkan makan tidak perlu diambilkan dari gaji bulanan. Pastikan jumlah dana selalu seimbang setiap bulannya.

Pisah Rekening

Pastikan untuk menyimpan dana darurat dalam rekening yang terpisah dari yan digunakan untuk transaksi setiap hari. Hal ini dimaksud untuk menghindari dana darurat digunakan untuk kebutuhan konsumsi.

Disimpan dan dicairkan dengan mudah

Dana darurat sebaikknya disimpan pada rekening bank yang mudah diakses, memiliki fasilitas perbankan yang lengkap dan terpercaya. Hal ini untuk mempermudah saat akan digunakan pada keadaan darurat.

Nah, apakah anda sudah memiliki dana darurat ? Dana darurat merupakan hal yang penting untuk menjaga kestabilan ekonomi baik bagi yang masih single maupun yang telah berumah tangga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Pentingnya Dana Darurat Untuk Menjaga Keuangan agar Stabil"

Post a Comment