Penerapan Pembelajaran Example Non Example Berbantu Video Animasi Matematika

Penerapan Pembelajaran Example Non Example Berbantu Video Animasi Matematika. Matematika diajarkan diinstitusi-institusi pendidikan dari tingkat SD hingga perguruan tinggi, namun siswa mengalami banyak kendala untuk menguasai matematika. Salah satu kendala siswa tidak menguasai matematika adalah siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep matematika, di mana pemahaman konsep matematika merupakan hal mendasar yang harus dimiliki siswa dalam proses belajar matematika.

Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang didominasi oleh guru sehingga siswa terbiasa mendapatkan informasi atau pengetahuan terkait materi pelajaran tanpa melalui proses menemukan informasi. Perhatian siswa tidak fokus kepapan tulis padahal banyak hal-hal penting yang dituliskan guru sehingga siswa mengalami kesulitan untuk memaparkan kembali materi yang disampaikan oleh guru.

Siswa menolak ketika guru meminta untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan di papan tulis. Berdasarkan kondisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pemahaman konsep siswa rendah dan deperlukan upaya perbaikan.

Bloom dalam Susanto (2016: 6) mengartikan pemahaman sebagai kemampuan untuk menyerap arti dari materi atau bahan yang dipelajari. Sedangkan untuk menguasai konsep seseorang harus mampu membedakan antara benda yang satu dengan benda yang lain, peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain (Trianto, 2010: 158).

Menurut Hamdani (2012: 5) “pemahaman konsep sangat diperlukan bagi siswa yang sudah mengalami proses belajar”. Pemahaman konsep matematika adalah kecakapan atau kesanggupan untuk menjelaskan suatu hasil dari buah pemikiran seseorang yang berupa objek konkret ataupun gagasan abstrak dalam materi matematika dengan bahasa yang berbeda. Penerapan pemahaman terhadap konsep-konsep matematika penting untuk siswa karena mempengaruhi hasil belajar siswa.

Salah satu upaya pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example-Non-Example. Pembelajaran Example-Non-Example adalah pembelajaran yang menggunakan media gambar sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi pelajaran untuk mendorong siswa berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang termuat dalam contoh-contoh gambar yang disajikan.

Huda (2015: 234) menyatakan Example-Non-Example adalah strategi yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Contoh dan bukan contoh tersebut disajikan dalam media gambar dan dapat ditampilkan melalui OHP, proyektor, atau yang paling sederhana, yaitu poster. Dalam mempermudah penyajian gambar contoh dan non contoh diperlukan media pembelajaran.

Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dari pengajar atau instruktur kepada peserta belajar (Uno, 2007: 65). Salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung model Example Non Example yaitu video animasi matematika.

Gambar-gambar yang merupakan contoh dan bukan contoh dikemas di dalam video animasi matematika agar lebih menarik perhatian siswa dan mempermudah pemahaman siswa tentang konsep matematika yang bersifat abstrak maupun konkret.

Adapun sintak dari model pembelajaran Example Non Example berbantu video animasi matematika dapat dilihat pada tabel di bawah. Sintak Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Video Animasi Matematika.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerapan Pembelajaran Example Non Example Berbantu Video Animasi Matematika"

Post a Comment