Laporan Keuangan: Definisi, Tujuan, dan Jenis - Jenisnya

Laporan Keuangan: Definisi, Tujuan, dan Jenis - Jenisnya -- Laporan keuangan adalah laporan yang berisi dan meringkas informasi keuangan dan akuntansi tentang bisnis dan yang memberikan informasi mengenai posisi keuangan dan kinerja suatu entitas selama periode akuntansi tertentu (biasanya satu tahun kalender).

Laporan keuangan yang lebih kompleks yang disiapkan oleh perusahaan besar juga dapat memasukkan catatan tambahan dan mungkin tunduk pada audit independen eksternal untuk memverifikasi keakuratan dan kewajaran penyajiannya.

Gambaran Umum Tentang Tiga Jenis Laporan Keuangan

Ketiga laporan keuangan tersebut yaitu: 1. Laporan Laba Rugi, 2. Neraca, dan 3. Laporan Arus Kas. Ketiga pernyataan inti ini terkait erat satu sama lain dan panduan ini akan menjelaskan bagaimana ketiganya cocok satu sama lain.

1. Laporan Laba Rugi

Seringkali, tempat pertama yang akan dilihat investor atau analis adalah laporan laba rugi. Laporan laba rugi menunjukkan kinerja bisnis di setiap periode, menampilkan pendapatan penjualan di bagian paling atas. Pernyataan tersebut kemudian mengurangi harga pokok penjualan untuk mendapatkan laba kotor.

Dari sana, laba kotor dipengaruhi oleh biaya dan pendapatan operasional lainnya, tergantung pada sifat bisnisnya, untuk mencapai laba bersih di bagian bawah – “garis bawah” untuk bisnis.

2. Neraca

Neraca menampilkan aset, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham perusahaan pada suatu titik waktu. Kedua sisi neraca harus seimbang: aset harus sama dengan kewajiban ditambah ekuitas. Bagian aset dimulai dengan kas dan setara, yang harus sama dengan saldo yang ditemukan di akhir laporan arus kas.

Neraca kemudian menampilkan saldo akhir di setiap akun utama dari periode ke periode. Laba bersih dari laporan laba rugi mengalir ke neraca sebagai perubahan laba ditahan (disesuaikan dengan pembayaran dividen).

3. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas kemudian mengambil laba bersih dan menyesuaikannya dengan biaya non tunai. Kemudian arus kas masuk dan keluar dihitung dengan menggunakan perubahan dalam neraca. Laporan arus kas menampilkan perubahan kas per periode, serta saldo awal dan akhir kas.

Tujuan Laporan Keuangan

Tujuan umum laporan keuangan adalah menyajikan informasi mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, arus kas dan kinerja keuangan suatu entitas pelaporan yang bermanfaat bagi para pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan.

Tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja dan kemampuan beradaptasi keuangan suatu entitas yang berguna untuk berbagai pengguna dalam membuat keputusan ekonomi.

Standar kualitas laporan keuangan terdiri dari prinsip-prinsip yang komprehensif yang netral, konsisten, sebanding, relevan dan dapat diandalkan. Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010 Laporan keuangan yang berkualitas adalah laporan keuangan yang memiliki karakteristik relevan, andal, dapat dibandingkan serta dapat dipahami. Relevan yaitu informasi yang termuat didalamnya dapat mempengaruhi keputusan pengguna dengan membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini, dan memprediksi masa depan, serta menegaskan atau mengkoreksi hasil evaluasi mereka di masa lalu.

Andal yaitu informasi dalam laporan keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan yang material, menyajikan setiap fakta secara jujur, serta dapat diverifikasi. Dapat dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya atau laporan keuangan entitas pelaporan lain pada umumnya. Dapat dipahami dalam artian dapat dimengerti oleh pengguna dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna untuk mempelajari informasi yang dimaksud.

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan adalah SPIP yang dibangun dari lima komponen berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2008 yaitu (1) lingkungan pengendalian, (2) penilaian risiko, (3) aktivitas pengendalian, (4) informasi dan komunikasi serta (5) monitoring.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laporan Keuangan: Definisi, Tujuan, dan Jenis - Jenisnya"

Post a Comment