Cara Belajar yang Efektif Untuk yang Tidak Hobi Membaca

Cara Belajar yang Efektif Untuk yang Tidak Hobi Membaca -- Sejak menempuh pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, kita dituntut untuk rajin membaca. Namun ada beberapa orang yang hingga dewasa masih belum juga gemar membaca. Padahal membaca merupakan kunci dari proses belajar agar berhasil.

Membaca membuat kita bisa mengetahui berbagai hal dari berbagai literatur yang bisa menambah wawasan. Namun ada beberapa orang yang terkadang malas untuk membaca namun semangat untuk belajarnya tinggi. Hal ini memang kontradiktif. Namun bagi sebagian orang, membaca merupakan hal yang membosankan, apalagi jika membaca buku yang sudah usang dan hal tersebut akan membuat seseorang cenderung mudah menyerah untuk belajar.
 
Sejatinya belajar yang efektif bukanlanh dalam jangka yang lama, melainkan waktu yang digunakan efektif atau tidak. Waktu yang singkat, namun ketika mempelajari dengan seksama maka akan lebih efisien dibandingkan dengan mereka yang belajar lebih lama.

Seiring berkembangnya zaman, banyak metode belajar yangbisa kmau terapkan sesuai dengan kenyamanan diri sendiri. Oleh karena itu, metode pembelajaran sifatnya objektif, karena hasilnya pada setiap orang bisa berbeda. Bagaimana dengan orang yang cenderung malas membaca? Tiga hal berikut bisa kamu terapkan!

1. Belajar Melalui Visual

Di zaman teknologi canggih seperti saat ini, belajar bisa dari mana saja dan melalui apa saja. Adanya smartphone, laptop semakin mempermudah semua orang mengakses semua informasi. Bisa melihat visual yang menarik maupun mendengarkan materi pembelajaran.

Mengamati ponsel di masa kini merupakan aktivitas yang lebih digemari dibandingkan membaca buku. Manfaatkan momen ini untuk mengangakses aplikasi berbasis pendidikan. Cara belajar ini membuat kamu bisa mudah mengingat dengan cara melihat maupun mendengarkan. Untuk menyiasaitinya anda bisa mencoba beberapa quiz di akhir pembelajaran. Untuk belajar dengan tipe ini usahakan suasanya tenang agar tetap menyerap materi yang dipelajari

Agar tidak terdsitraksi dengan berbagai gangguan yang berujung tidak jadi belajar, fokus pada beberapa jam untuk beljar. Jangan membuka apalikasi lain agar kegiatan belajar lebih fokus. Selain secara visual, mendengarkan juga merupakan metode paling ampuh dalam belajar. Saat ini sudah banyak podcast yang memuat unsur edukasi. Ketika sedang santai ataupun dalam perjalanan, kamu bisa sambil mendengarkan podcast bermanfaat ini.

2. Mencatat

Dengan mencatat kamu akan merekam semua hal yang kamu tulis. Ketika menulis, kemampuan otak secara otomatis bekerja juga untuk menangkap sinyal-sinyal pelajaran. Dengannmencatat kamu bisa menyusun rangkaian kata yang bisa kamu pahami sendiri. Biasanya kat-kata yang ditulis sendiri cenderung lebih mudah dipahami.

Buat catatan serapi mungkin agar ketika melihatnya kamu lebih nyaman tanpa mlas membaca. Menulis terbukti meningkatkan kemampuan mengingat lebih lama dibandingkan mereka yang hanya sekedar merekamnya dalam otak. Buat mind map yang menarik. Meski singkat namun isinya padat sehingga membuat peajaran semakin mudah untuk mengingatnya. Siapkan juga warna-warna alat tulis yang membuat kegiatan mencatatmu semakin bagus dan bedakan antara catatan satu dengan lainnya

3. Sharing dengan teman

Ajak teman kamu yang suka membaca untuk sharing mengenai hal-hal yang belum kamu pahami. Belajar bersama teman bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus mengedukasi. Namun yang terpenting ialah terlebih dahulu hindari distraksi yang bisa mengganggu konsentrasi belajar, seperti memainkan smartphone dan memperbanyak makanan karena hal yang sepele ini ternyata berpengaruh besar terhadap belajar. Pilih tempat yang nyaman dan tenang agar kegiatan belajarmu semakin nyaman.

Belajar bersama teman juga bisa meningkatkan otak karena pertukaran arus informasi. Selain itu, sistem belajar ini bikin kamu tidak mudah egois. Manfaatnya, ialah kamu bisa bertukar imu. Hal-hal yang sebeumnya kurang dimangerti bisa dengan mudah kamu peroleh tanpa harus membaca buku. Tak kalah pentingnya, ialah memilih partner belajar yang tepat. Partner belajar yang tepat akan membuat kegiatan belajar semakin mudah.

Buku merupakan sumber ilmu pengatahuan. Meski akses pengetahuan saat ini sudah bisa didapatkan dimana saja, namun belum ada yang mengalahkan efisiensi buku. Informasi yanga da di internet bisa saja di edit, namun sumbe buku menjadi acuan yang paling valid. Meski tidak suka membaca, jika menemukan cara belajar yang tepat secara perlahan membaca akan menjadi kegemaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Belajar yang Efektif Untuk yang Tidak Hobi Membaca"

Post a Comment