5 Hal Yang Harus Diwaspadai Sebagai Pengguna Setia Mobile Banking

5 Hal Yang Harus Diwaspadai Sebagai Pengguna Setia Mobile Banking Teknologi -- Dari waktu ke waktu dibuat dan terus berkembang untuk memberikan kemudahan untuk dalam aktivitas sehari hari. Aktivitas keuangan seperti transfer, membeli produk dan jasa, menabung bahkan berinvestasi kini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi mobile banking.
 
Hampir seluruh Bank di Indonesia menawarkan aplikasi pintar ini yang dapat diunduh pada ponsel setiap nasabahnya. Bahkan , beberapa bank menawarkan fitur – fitur yang lengkap dan canggih agar para nasabah memiliki loyalitas tertentu pada bank tersebut. Meski mobile banking memiliki banyak kemudahan, namun cara pengunaannya harus dapat dilakukan dengan bijaksana. Karena dibalik kemudahan yang ditawarkan ada beberapa kelemahan yang harus diantipasi.
 
Berikut beberapa kelemahan mobile banking :
1. Dilarang membuka Mobile Banking saat terhubung dengan Wifi Publik.
Mengkoneksi perangkat pintar kita dengan wifi gratis (publik) merupakan godaan yangcukup sulit untuk ditolak. Namun, ternyata mengakses mobile banking saat terhubung dengan wifi publik beresiko cukup besar. Karena bersifat publik maka biasannya keamaan dalam wifi tersebut sangat lemah, sehingga sangat mudah diretas dan data – data milik pengunannya dapat diunduh dengan mudah.
 
2. Menganti PIN secara berkala.
Idealnya untuk menjaga akun mobile banking agar tetap aman ada baikknya menganti password dan pin rutin setiap 2 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pencurian dan penyadapan data.
 
3. Aktifkan Autentifikasi Akun.
Salah satu hal wajib lainnya adalah autentifikasi password serta melakukan proses verifikasi data. Proses ini dapat membantu bank untuk mengetahui bahwa nasabah asli memang melakukan pergantian password. Tanpa verifikasi dari nasabah sendiri pihak bank tidak akan sembarangan menyetujui transaksi yang akan terjadi.
 
4. Update data dan aplikasi
Memperbarui data pada identitas diri di bank terbukti efektf dapat mencegah scamming. Selain itu melakukan update aplikasi secara berkala juga akan menghindari crash pada ponsel pintar nasabah.
 
5. Menyimpan Kode Rahasia
Nasabah pasti diberikan kode rahasia (OTP) untuk memverifikasi data dalam aplikasi. Sangat tidak disarankan memberikan info tersebut kepada siapa pun , atau menyimpan catatan penting seperti user name, password dan kode rahasia pada catatan tertentu. Hal ini dikarenakan jika kode rahasia tersebut jatuh ke tangan orang yang salah maka akan dimanfaatkan untuk tindak kejahatan keuangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal Yang Harus Diwaspadai Sebagai Pengguna Setia Mobile Banking"

Post a Comment