Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus Autistik

Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. -- Anak dengan kebutuhan khusus adalah anak yang secara signifikan mengalami kelainan atau penyimpangan baik fisik, mental-intelektual sosial, maupun emosional dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan khusus.

Dengan demikian, meskipun seorang anak mengalami kelainan atau penyimpangan tertentu, tetapi kelainan atau penyimpangan tersebut tidak signifikan sehingga mereka tidak memerlukan pelayanan pendidikan khusus, anak tersebut bukan termasuk anak dengan kebutuhan khusus.

Anak autistik merupakan bagian integral dari anak berkebutuhan khusus. Anak autistik adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan berat yang dapat mempengaruhi cara seseorang untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain.

Sebelum membahas tentang autisme, ada baiknya mengenal beberapa istilah yang berkaitan dengannya, yaitu:

  1. Autisme (autism) yaitu nama gangguan perkembangan komunikasi, sosial, prilaku pada anak. 
  2. Autis (autist) berarti anak yang mengalami ganguan autisme. 
  3. Anak autistik (autistic child) berarti keadaan anak yang mengalami gangguan autisme.
Istilah Autisme berasal dari kata autos yang berarti diri sendiri dan isme yang berarti suatu aliran. Autisme berarti suatu paham yang tertarik hanya pada dunianya sendiri. Autistik secara istilah berarti suatu gangguan perkembangan yang kompleks menyangkut komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinasi.

Kartono mengemukakan beberapa definisi autisme sebagai berikut:

  • Gejala menyendiri atau menutup diri secara total dari dunia riil dan tidak mau berkomunikasi lagi dengan dunia luar.
  • Cara berfikir dikendalikan oleh kebutuhan personal atau diri sendiri. 
  • Menanggapi dunia berdasarkan penglihatan dan harapan sendiri, serta menolak realitas. 
  • Keasyikan ekstrim dengan fantasi dan fikiran sendiri.
Anak autis menganggap dunia luar itu kotor dan jahat, penuh kepalsuan dan mengandung banyak bahaya yang mengerikan, ia menganggap dirinyalah yang paling baik dan benar. Oleh karena itu, ia lebih senang melarikan diri ke dalam dunia fantasinya sendiri.

Autisme adalah gangguan perkembangan yang terjadi pada anak yang mengalami kondisi menutup diri. Gangguan ini mengakibatkan anak mengalami keterbatasan dari segi komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Autisme biasanya terlihat sebelum anak mencapai usia tiga tahun dan pada sebagian anak sudah terlihat sejak lahir.

Autisme dapat terjadi pada anak tanpa perbedaan ras, etnik, tingkat sosial ekonomi dan pendidikan. ari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa autisme adalah suatu gangguan perkembangan dalam berkomunikasi, interaksi sosial dan perilaku; dapat terlihat sebelum anak berusia tiga tahun yang ditandai dengan ketidak responsifan pada kontak manusia, lemahnya perkembangan bahasa dan respon yang aneh pada stimulus lingkungan. Angka kelahiran dengan autisme pada saat ini diperkirakan 1 per 150 kelahiran. Dari angka tersebut, diperkirakan anak laki-laki autistik lebih banyak daripada anak perempuan dengan perbandingan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus Autistik"

Post a Comment