Idealitas Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Berdasarkan Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 Bab VI pasal 17 ayat 1 tentang sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa “Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah”. Apabila dimaknai isi dari pasal 17 ayat 1 dalam Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tersebut, pendidikan dasar termasuk sekolah dasar dianggap sebagai fondasi yang memegang peranan penting untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pada jenjang ini perlu diletakkan dasar-dasar yang kokoh bagi tegaknya bangunan pendidikan yang menyeluruh dengan memberikan pendidikan yang berkualitas bagi siswa.

Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran yang pasti dimunculkan di semua jenis jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi memegang peranan penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Dalam BNSP (2006:120) dinyatakan, Bahasa Indonesia memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semuabidang studi. Di sekolah dasar, Bahasa Indonesia sangatlah penting untuk lebih ditekankan karena dalam pelajaran bahasa Indonesia terkandung berbagai keterampilan dasar yang patut dimiliki siswa agar dapat mengembangkan diri pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena ilmu yang akan dipelajaripun tentu akan semakin berkembang.

Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah khususnya di sekolah dasar tidak selamanya dapat berjalan dengan lancar. Sebagian siswa di sekolah dasar masihmengalami kesulitan dalam pelajaran bahasa indonesia. Hal ini disebabkan karena ruang lingkup Bahasa Indonesia cukup luas. Menurut BNSP (2006:120), ruang lingkup mata pelajaran Bahasa.

Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.Selain itu, keberhasilan belajar siswa juga disebabkan oleh berbagai factor sehingga seorang guru hendaknya dapat membantu kesulitan belajar siswa berpedoman pada faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.

Menurut Sanjaya (2005:50), kualitas pembelajaran di sekolah sangat ditentukan oleh guru. Guru adalah komponen yang sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran (Susanto, 2013:13). Berdasarkan pendapat ini dapat ditegaskan bahwa salah satu faktor eksternal yang sangat berperan mempengaruhi hasil belajar sisiwa adalah guru. Dalam proses pembelajaran guru memegang peranan yang sangat penting. Peran guru, apalagi untuk sisiwa pada usia sekolah dasar tidak mungkin dapat digantikan oleh perangkat lain seperti televisi, radio, dan komputer. Sebab, siswa adalah organisme yang sedang berkembang yang memerlukan bimbingan dan bantuan orang dewasa.

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran yang mencakup model, metode dan teknik yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Pada kenyataannya, penggunaan model pembelajaran yang menoton dan konvensional masih diterapkan secara berulang-ulang oleh sebagian guru dalam proses pembelajaran khususnya di sekolah dasar. Hal tersebut menyebabkan siswa merasa jenuh dan bosan karena pembelajaran yang kurang variatif, dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Idealitas Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar"

Post a Comment