Mengoptimalkan Peran Evaluasi Pembelajaran



Mengoptimalkan Peran Evaluasi Pembelajaran. - Dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah ada dua peristiwa penting, yaitu penerimaan siswa baru di awal tahun ajaran serta ujian akhir di akhir tahun ajaran. hasil ujian akhir menentukan kualitas sekolah. Dengan sendirinya menentukan kualitas pendidikan secara umum.

Dua peristiwa ini sebagai tolok ukur bagaimana kualitas masukan dan keluaran dari suatu proses pembelajaran. Hal inilah yang nampak dari luar. Sementara di sisi lain bagaimana proses evaluasi selama pembelajaran dilakukan? Jarang menjadi pembicaran yang serius.

Hasil proses belajar mengajar nampak dari skor atau nilai dari suatu proses evaluasi. Evaluasi dilaksanakan dengan cara melakukan pengukuran, penyekoran untuk kemudian dianalisis. Untuk melakukan proses pengukuran dan analisis, jika dilakukan secara manual memerlukan ketelitian tinggi serta waktu yang cukup lama. Apalagi dibebani dengan tugas-tugas lain yang cukup banyak. Tentu hal ini akan menjadikan beban yang sangat berat.

 Oleh karena itu perlu alat bantu yang dapat meringankan tugas tersebut. Hasil penelitian dan kajian sebelumnya khususnya di tingkat dasar tentang kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi; merencakan, membuat dan evaluasi soal selama proses pembelajaran masih sangat rendah, Dari 60 guru, 3 yang pernah menjadi tim penulis soal. Masih cukup banyak guru yang belum pernah membuat kisi-kisi soal dsb. Beberapa masalah yang selama ini terjadi dalam pelaksanaan proses evaluasi antara lain : SDM (guru) yang kurang , ulangan/ujian dianggap sebagai rutinitas yang tidak perlu dievaluasi, beban mengajar yang cukup banyak serta rendahnya kesadaran bahwa proses evaluasi sebagai suatu bagian dari proses pembelajaran yang harus dilakukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengoptimalkan Peran Evaluasi Pembelajaran"

Post a Comment