Review Buku : Etika Dan Profesi Kependidikan

REVIEW
Buku yang ditulis oleh seorang kepala sekolah Madrasah Aliyah Bima Cendekia Cirebon. Pada dasarnya ditunjukkan untuk para guru diseluruh Indonesia.Tetapi dengan pembahasan yang sederhana dan mudah difahami membuat buku ini juga bisa dijadikan bacaan yang cukup bagus untuk masyarakat umum yang ingin menjadi seorang pendidik profesional.
Perlahan tapi pasti,animo masyarakat  untuk menjadi guru semakin meningkat. Dan,menjadi hukum alam,semakin kompetitif suatu profesi semakin meningkat pula kualitas sumber daya manusianya. Fakultas keguruan yang dulu menjadi pilihan kedua atau ketiga, kini bergeser menjadi pilihan pertama dan utama. Selain memperoleh tunjangan profesi sebesar gaji pokok bagi PNS dan sebesar inpasing (penyesuaian golongan ) bagi guru non-PNS, guru juga memperoleh berbagai peluang lain seperti pengembangan profesi dan perlindungan profesi.
Penulis mengawali tulisannya dengan membahas reformasi guru, dalam mereformasi guru,pemerintah mengusahakan delapan poin untuk meningkatkan kualitas guru.Reformasi  guru dilakukan setahap demi setahap, dari  mulai tahun 2012 sampai tahun 2015.  Usaha ini adalah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu guru. Selanjutnya penulis menjelaskan tentang Undang -  Undang  Republik Indonesia yang membahas guru dan dosen. Dengan mengetahui isi Undang – undang ini,dapat diketahui keunggulan, peluang, kelemahan dan ancamannya. Tak lupa pula penulis  juga  menjelaskan tentang  kode etik guru dan menuliskan ikrar guru Indonesia,untuk ditaati dengan kesadaran.
Peran guru antara lain sebagai  fasilitator,motifator,pemacu belajar,perekayasa pembelajaran,dan pemberi  inspirasi belajar bagi peserta didik. Penulis tidak hanya menjelaskan peran guru tapi beliau juga memberikan contohnya misalnya: menceritakan sebuah kisah yang patut untuk dicontoh bagi seorang guru.
Guru tidak boleh kering inspirasi karena akan cenderung mudah terkena penyakit penyakit profesi, Penyakit – penyakit profesi dapat berupa LESU,KUSTA,TIPUS,KURAP,dan TBC.Berikut uraian mengenai penyakit – penyakit tersebut yang dirangkum dari buku yang ditulis oleh saudara Dion eprijum kinanto, yang berjudul “JADI PENDIDIK KREATIF DAN INSPIRATIF” dilengkapi dengan obat yang dianjurkannya.
LESU (LEMAH SUMBER), KUSTA (KURANG STATEGI), TIPUS (TIDAK PUNYA SELERA), KURAP (KURANG PERSIAPAN), TBC (TIDAK BANYAK CARA). Obat yang dianjurkannya ialah KINA yaitu Kreatif, Inovatif, dan Aplikatif. Penulis juga memaparkan Undang – Undang  tentang  pengakuan guru  sebagai  tenaga professional. Oleh karena itu ,profesi  pekerjaan guru  harus mendapatkan tempat  yang istimewa dibandingkan dengan pekerjaan lainnya yang bukan pekerjaan profesi.

Untuk bisa membedakan antara pedagogi dan pedagogis, dibab  VI penulis menelaah kompetensi pedagogis,pengelolaan pembelajaran beserta subkomponennya,standar kompetensi pedagogis guru dilengkapi dengan tabel  dari mulai standar kompetensi  guru TK/PAUD sampai standar kompetensi guru SMA/MA dan SMK/MAK, dibab berikutnya penulis membahas dan menelaah kompetensi kepribadian dari seorang guru tak lain supaya semua guru dan calon guru bisa mempuyai kepribadian yang baik , yang mencerminkan insan mulia yang patut untuk ditiru. Kali ini penulis  memberikan contoh figur guru yang memiliki kepribadian ideal adalah Baginda Rosullullah Muhammad S.A.W. Tokoh barat bernama Michael  Hart mengagumi  Nabi Muhammad dengan meletakkan posisinya pada urutan pertama dalam bukunya yang berjudul  : Seratus Tokoh  Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah.
Selain itu ,  Robbert  L. Gullick Jr. dalam buku yang berjudul Muhammad, The Educator ( Firmansyah,2008 ), memuji  Nabi Muhammad sebagai guru besar sejati . Meskipun sudah 13 abad beliau wafat, tetapi pengaruhnya masih sangat kuat dan mendalam serta berakar dalam hati pengikutnya, keluhuran budi dan sifat keteladanan yang Beliau miliki  telah difirmankan jelas dalam Al –qur’an.
Siapapun yang menggeluti profesi guru harus memiliki kesadaran atas profesi mulia tersebut. Dalam kesadaran profesi, mengenal etika dan seluk beluk keguruan, baik dalam perspektif masa lampau, masa kini, maupun masa mendatang adalah sebuah keharusan. Mengenang profesinya sendiri merupakan bukti bahwa seseorang memiliki pengetahuan atas profesinya. Dan seperti nasihat para filsuf terdahulu,semakin mengetahui maka akan semakin mencintai.
Dengan bahasan yang cukup bagus dan konkrit  membuat saya berpendapat bahwa buku ini cukup bagus dan bisa dijadikan referensi bagi siapapun terutama guru dan calon guru khususnya saya yang saat ini kuliah dijurusan Pendidikan Agama Islam, dan bekerja sebagai tenaga kependidikan disebuah Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah Dasar. Inilah resensi buku  Etika dan profesi kependidikan  karya Barnawi dan Muhammad arifin  yang dapat saya tulis. Semoga bermanfaat.



Tentang pengarang buku
Barnawi adalah alumni FPTK  IKIP Yogyakarta jurusan pendidikan teknik mesin tahun 1998. Tahun  1999 bekerja dimadrasah aliyah program ketrampilan MA Alhikmah 2 Brebes sampai akhit tahun 2010. Penulis mengikuti dual education system di labtech penta internasional selam 2 bulan . Penulis menyelesaikan S2 di UIN Sunan Kalijaga dalam konsentrasi pemikiran pendidikan tahun 2006.
Penulis juga menjadi pemakalah dalam  Indonesian’s teacher conference tahun 2007 dan internasional conference on lesson study. Pernah memenangkan lomba menulis bagi guru di harian kedaulatan rakyat tingkat nasional tahun 2005 dan pemenang harapan lomba pembuatan media belajar tingkat nasioanal tahun 2010. Selain menjadi instruktur ketrapilan pengesahan , penulis juga menjadi dosen tamu di STKIP Islam Bumiayu. Kini penulis menjadi kepala madrasah aliyah bina Cendekia Cirebon.
Karya karyanya tentang pendidikan pernah dimuat dikompas, surat merdeka, gerbang, Rindang, dan media pembinaan. Beberapa karyanya yang sudah diterbitkan adalah  Be a great teacher:46 Rahasia sukses menjadi guru hebat (Ar-Ruzz Media). Strategi dan kebijakan pembelajaran pendidikan karakter  (besama Mohammad Arifin, Ar-Ruzz Media), profil guru SMK professional ( bersama Arifin Firdaus Ananda, Ar-Ruzz Media)format PAUD: konsep, karakteristik, dan implementasi pendidikan anak usia dini ( bersama novan ardy wiyanti, Ar-Ruzz Media).
Mohammad arifin, lahir di brebes, jawa tengah. Menyelesaikan SD hingga SMP di Bumiayu. Mengikuti program tehnik perikanan laut di SMKN Mundu Cirebon, program D1 Housekeeping diPare Hotel School. Kini mahasiswa PGSD STKIP Islam Bumiayu.Aktif dalam berbagi kegiatan keorganisasian  salah satunya adalah sebagai kepala bidang Advokasi , kajian, dan propaganda ikatan mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan seluruh Indonesia (IMMKIPSI) 2010 – 2012.



ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN
IDENTITAS BUKU
Judul buku          :  Etika dan profesi kependidikan
Pengarang          : Barnawi & muhammad Arifin
Penerbit              : AR-RUZZ MEDIA
Jl. Anggrek 126 Sambilegi,Maguwoharjo,Depok, Sleman,Jogjakarta 55282
Telp./fax : (0274) 488132 E-Mail : arruzzwacana@yahoo.com
Tahun                   : 2012
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Buku : Etika Dan Profesi Kependidikan"

Post a Comment